in ,

Mengapa Makeup Tidak Menempel di Wajah?

ternyata ini alasannya, girls!

makeup tidak menempel
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Ada banyak permasalahan yang kerap timbul ketika menggunakan makeup, salah satunya adalah makeup tidak menempel. Makeup kamu akan terlihat tidak menyatu dengan kulit wajah sehingga terlihat seperti tidak menempel.

Makeup yang tidak menempel dapat menyebabkan penampilan menjadi kurang bagus dan terkesan tidak natural, padahal gaya makeup yang digunakan adalah natural.

Ternyata, ada banyak penyebab makeup tidak menempel, mulai dari kondisi kulit yang dehidrasi hingga terlalu berminyak. Untuk mendapatkan solusi yang tepat, kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Jangan sampai asal-asalan melakukan perawatan atau memilih produk makeup sebelum mengenali kondisi kulit wajah karena malah menyebabkan usaha kamu menjadi sia-sia.

Kulit dehidrasi karena kandungan air dan minyak di dalam kulit wajah yang tidak seimbang. Dehidrasi sering disebabkan oleh perbubahan cuaca, kelelahan, sedang datang bulan, atau sedang menggunakan skincare yang terlalu irritating.

Ciri-ciri kulit dehidrasi adalah pori-pori wajah yang mengecil atau membesar, kulit terasa kering, tetapi produksi minyak terjadi secara berlebihan, dan kulit wajah tampak lebih kusam. Saat dehidrasi, kulit akan memproduksi sel kulit mati lebih banyak sehingga membuat kulit lebih mudah haus. Akibatnya, kulit akan menyerap minyak lebih cepat sehingga menyebabkan makeup tidak menempel atau cakey.

Untuk mengatasi permasalahan kulit yang dehidrasi, kamu bisa melakukan perawatan seperti exfoliate untuk mengangkat sel kulit mati, menggunakan mousturiser untuk melembapkan kulit, dan menggunakan face mist yang disemprotkan dengan beauty sponge.

Sementara itu, kondisi makeup yang gak nempel juga bisa dirasakan oleh kulit yang terlalu berminyak. Biasanya, kondisi berminyak lebih parah terjadi di aera T-Zone sehingga foundation lebih sulit menempel dengan sempurna. Bahkan, foundation yang digunakan untuk menutupi pori-pori malah membuatnya terlihat semakin jelas.

Untuk mengatasi permasalahan kulit berminyak, kamu bisa menggunakan pore pack sebelum menggunakan makeup. Pore pack berfungsi untuk mengurangi kadar minyak yang berlebih serta komedo yang mengganggu. Atau, gunakan mattifying face primer di aera T-Zone dan menggunakan foundation yang matte agar hasil makeup lebih menempel dengan sempurna.

micellar water

Micellar Water yang Bagus untuk Kulit Berminyak

minuman kekinian murah

Top 3 Produk Minuman Kekinian Murah yang Menjamur di 2020