in

Mengatasi Bullying di Tempat Kerja

Jangan panik, jangan kalut, jangan takut

cara mengatasi bullying
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Apakah kamu merasa tertekan ketika bekerja sehari-hari? Penyebab stres saat bekerja sangat beragam. Mulai dari tuntuan atasan, banyaknya pekerjaan, tempat yang tidak kondusif, dan yang paling parah adalah adanya bullying (perundungan) di tempat kerja. Berikut cara mengatasi bullying di tempat kerja yang bisa kamu coba.

Bentuk bullying di tempat kerja ini sangat banyak. Yang paling sederhana adalah menjadikanmu bahan ejekan atau bahan gosip. Mulai dari kinerja, penampilan, tingkah laku, sampai urusan personal lainnya bisa menjadi sorotan dan gosip di kantor. Ini sudah termasuk bullying, lho.

Sebaliknya, bullying juga bisa berupa tindakan tidak menganggap kamu bagian dari mereka. Ketika ada informasi, kamu satu-satunya orang yang tidak mengetahui hal tersebut karena ditutup-tutupi. Dikucilkan dari pergaulan merupakan bentuk bullying yang bisa menurunkan kinerja yang kamu lakukan.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bullying di tempat kerja. Jika tindakan penekanan tersebut dilakukan oleh senior atau atasan kamu di kantor, sebaiknya jangan menunjukkan bahwa kamu lemah dan mudah tertekan.

Tunjukkan bahwa kamu kuat dan bisa menerima perlakukan tersebut. Jika kamu menunjukkan bahwa kamu lemah, bisa jadi hal tersebut justru menjadi celah dan semakin menekanmu dengan berbagai cara.

Buat mereka terpesona dengan hasil kerjamu yang tetap maksimal walaupun sudah diremehkan. Tunjukkan prestasi yang sudah kamu lakukan. Jangan beri celah mereka untuk terus-menerus menekanmu tanpa alasan yang jelas.

Cara kedua adalah berteman baik dengan pesaingmu. Cara ini bisa kamu lakukan untuk memperbaiki hubungan intrapersonal antara kamu dan rekan-rekanmu. Dengan mengenal rekan kerjamu lebih jauh, kamu bisa menjalin hubungan yang lebih dekat. Hal ini bisa mengurangi risiko kamu dikucilkan, lho.

Kamu bisa memulai hubungan ini dengan cara sederhana. Mulai dari selalu menyapanya, hingga berbagi makanan saat jam makan siang. Tunjukkan niat baikmu untuk menjalin hubungan yang baik. Jika cara ini tidak berhasil, kamu bisa mencoba cara ketiga.

Cara ketiga adalah dengan melaporkan hal yang kamu alami kepada HRD ataupun manajer departemenmu. Tentunya, kamu harus sertakan bukti-bukti yang cukup kuat ya jika bullying ini benar-benar terjadi. Tuduhan tanpa bukti justru akan memperkeruh suasana. Harapannya, mereka pun akan membantu permasalahanmu karena bullying berpengaruh terhadap hasil kerjamu.

Banyak orang cenderung memilih pindah kerja ketika mengalami bullying di kantor. Namun, hal tersebut bukanlah solusi yang bijak. Bullying tetap dapat terjadi di mana saja. Bahkan, ketika sudah pindah kantor sekalipun.

cara pakai sheet mask

Pancarkan Glowing Kulitmu dengan Sheet Mask

mengatasi quarter life crisis

Langkah Simpel Hadapi Quarter Life Crisis