in ,

Mengatasi Kulit Belang Akibat Terlalu Sering Bawa Motor

kembalikan warna kulit yang menghitam karena sinar matahari

kulit belang
foto: pexels

Ngobrolin.id— Saat ini sepeda motor sudah menjadi moda transportasi yang dipilih oleh banyak orang, termasuk oleh para wanita, mulai dari anak kuliahan, pekerja, hingga ibu rumah tangga. Bagi mereka yang setiap hari membawa motor pasti sering mengalami permasalahan kulit belang di bagian punggung telapak tangan dan kaki.

Kulit yang belang sebenarnya bukan merupakan permasalahan yang terlalu serius. Namun, kehadirannya mampu menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Belang pada kulit muncul karena kulit berusaha melindungi tubuh dari paparan sinar UVA dan UVB yang berbahaya bagi tubuh. Saat terpapar matahari secara langsung, kulit akan memproduksi pigmen yang bernama melanin untuk melindungi dan memperbaiki sel-sel yang terganggu oleh radiasi.

Nah, pigmen melanin ini yang bisa menyebabkan warna kulit kamu yang terpapar sinar matahari berubah menjadi lebih gelap. Semakin lama kamu terpapar, semakin banyak sel kulit yang terganggu sehingga menyebabkan kulit menjadi lebih gelap.

Untuk mengatasi kulit belang atau kulit yang menggelap membutuhkan waktu yang cukup lama, bisa berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan hingga melanin menghilang dari bagian kulit tersebut. Jadi, harap bersabar, jangan terlalu terburu-terburu untuk mengembalikan warna kulit menjadi normal, yang terpenting harus rutin.

Mengembalikan warna kulit yang menghitam bisa dilakukan dengan menggunakan tabir surya. Penggunaan tabir surya ini terbilang cukup efektif untuk menyamarkan warna belang dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Tabir surya ini harus kamu gunakan setiap hari saat sebelum melakukan aktivitas.

Selain tabir surya, kamu juga perlu menggunakan pelembap untuk melembutkan kulit. Terkadang, penggunaan tabir surya bisa menyebabkan kulit mengering. Nah, pelembap sangat efektif untuk menjaga kelembapan kulit.

Perbanyak konsumsi air putih juga berguna untuk mengatasi warna kulit yang tidak rata. Air putih yang masuk dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehingga tubuh terhidrasi dengan baik.

Kekurangan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan juga bisa menjadi penyebab warna kulit tidak rata. Perbanyak konsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, kiwi, jambu biji, dan lain-lain.

Sementara, untuk mencegah belang, sebaiknya gunakan pakaian yang tertutup saat naik motor untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Hindari mengggunakan pakaian warna hitam karena bisa menyerap sinar matahari. Gunakan sarung tangan dan kaos kaki untuk meminimalisir perubahan warna kulit.

merawat kuku panjang

Ini Cara Merawat Kuku Panjang Sendiri di Rumah

ditolak konsumen

Ditolak Konsumen? Jangan Bersedih, Ini Tips Positif Menghadapinya