in ,

Mengatur Keuangan dengan Teknik Kakeibo

teknik kekeibo yang diadaptasi dari warga Jepang

kekeibo
foto: pixabay

Ngoborlin.id — Jepang terkenal sebagai negara yang bersih dan teratur. Banyak sistem manajemen pengaturan yang diciptakan oleh warga Jepang. Salah satunya adalah teknik kakeibo yang dibaca ‘keh-keh-boh’. Teknik mengatur uang ini dikenalkan oleh jurnalis pertama wanita di Jepang pada 1904.

Kakeibo lebih dikenal dengan seni mengatur uang dengan cara yang sederhana, tapi dinilai jitu. Tak ada perhitungan matematika yang rumit, teknologi mutakhir, serta aplikasi yang akan memakan sebagian memori di hape, kamu hanya perlu rajin mencatat saja.

Langkah awal, tulis semua keperluan kamu. Tulis seluruh keperluan kamu, dimulai dari pengeluaran tetap hingga berapa besar uang yang akan kamu tabung. Kamu bisa membagi pengeluaran dalam empat kategori.

  • Kebutuhan: merupakan pengeluaran tetap setiap bulan agar kamu bisa bertahan hidup, seperti makan, transportasi, dan sewa rumah.
  • Keinginan: sesuatu yang sifatnya tidak begitu penting tapi tetap bisa memberikan dampak baik jika digunakan dalam batas yang wajar, seperti camilan, baju baru, dan makan di luar.
  • Tambahan wawasan: sesuatu hal yang bisa memberikanmu banyak wawasan sehingga kamu bisa melakukan interaksi sosial lebih baik, seperti buku, film, dan kursus.
  • Pengeluaran tambahan: tabungan, biaya servis kendaraan, biaya ke dokter, dan beberapa biaya tak terduga lainnya.

Setelah memiliki empat rincian pengeluaran tersebut, buatlah empat pertanyaan penting.

  • Berapa banyak uang yang aku miliki?
  • Berapa banyak uang yang ingin aku simpan?
  • Berapa banyak uang yang ingin aku belanjankan?
  • Bagaimana caranya aku memperbaiki kondisi keuangan?

Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu akan tahu seberapa besar porsi keuangan kamu akan dihabiskan. Nanti, pada akhir bulan berikutnya, kamu harus bisa menjawab pertanyaan tersebut kembali.

Untuk memulai kakeibo ini sebenarnya mudah, kok! Kamu hanya perlu memperbaiki anggaran pengeluaran, mencatat seluruh pengeluaran, menghitung dengan kategori yang sudah diterangkan di atas, hitung uang yang berhasil kamu simpan, selalu tinjau seluruh pengeluaranmu, dan lakukan hal ini secara konsisten.

Kakeibo yang dilakukan dengan tulis tangan dianggap dapat meningkatkan proses dalam memahami sesuatu informasi sehingga kamu bisa lebih aktif dalam mengatur keuangan dibandingkan dengan mencatat dalam ponsel atau alat elektronik digital lainnya.

 

liburan ke bali

Influencer Luar Negeri nge-Prank Followers-nya dengan Konten ‘Liburan ke Bali’

teman tapi menikah 2

Teman Tapi Menikah 2, Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton Film Ini