in

Mengenal Akselerator dan Inkubator Startup

Akselerator dan inkubator startup
Foto: unsplash

Ngobrolin.idAkselerator dan inkubator startup telah lama diterapkan di Amerika. Di negara adi daya tersebut, program ini telah menghasilkan banyak startup berpenghasilan fantastis seperti Airbnb, Dropbox, dan sebagainya.

Di Indonesia, program akselerator dan inkubator startup juga telah beberapa kali diadakan. Banyak startup bergengsi lahir dari program ini. Mau tau apa aja program-program tersebut? Yuk, simak informasinya.

Indigo Accelerator

Perusahaan Telkom membuat sebuah program akselerasi di bawah Divisi Digital Bisnis (DDB). Indigo Accelerator juga dikenal dengan DDB accelerator. Startup yang bergabung akan didukung dalam bentuk penyediaan kanal distribusi, bantuan dari profesional, jaringan, pelatihan keahlian, dan pastinya praktik.

Program ini berlangsung selama enam bulan. Kalau kamu tertarik, kamu bisa sambangi website-nya di indigoaccelerator.com.

Founder Institute

Program inkubator startup terbesar di dunia ini memakan waktu hingga empat bulan. Visi dari Founder Institute ini adalah mengglobalkan Sillicon Valley dan membantu para pengusaha meluncurkan perusahaan teknologi.

FI pernah diselenggarakan di Jakarta, dan setiap pertemuannya berlansung selama tiga jam dengan menghadirkan berbagai CEO dan pendiri startup berpengalaman. Kamu bisa daftar program ini dengan mengakses fi.co/about.

Merah Putih

Sejak 2011, inkubator startup ini terus menyediakan wadah untuk mendukung, mengawasi, dan memberikan investasi pada berbagai startup lokal. Informasi tentang program ini dapat kamu akses di merahputih.co.id.

GEPI

GEPI merupakan singkatan dari Global Entrepreneurship Program Indonesia dan merupakan bagian dari Global Entrepreneurship Program (GEP). Program ini digagas oleh mantan Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama, dan Menteri Luar Negeri AS pada masanya, yaitu Hillary Clinton.

Hingga kini, GEPI masih mengadakan dua program unggulannya, yaitu Inkubator dan Angel Investment Network sebagai wadah yang menampung startup di awal masa berdiri.

Ideabox Accelerator

Digarap oleh perusahaan telekomunikasi Indosat dan bekerja sama dengan Mountain Partner AG, Ideabox Accelerator fokus melakukan investasi pada startup yang bergerak di bidang teknologi. Program ini berdurasi selama 120 hari dan peserta akan mendapat berbagai dukungan yang menarik.

Startup Corner

Program inkubasi ini merupakan bagian dari Bandung Techno Park. Startup yang lolos seleksi akan mendapat fasilitas berupa co-working space, dukungan pemasaran, legalitas, pemasaran, dan pendanaan hingga Rp250 juta.

Skystar Ventures

Kali ini, giliran Grup Kompas Gramedia dan Universitas Multimedia Nusantara yang memberikan ruang bagi para startup untuk mengembangkan usahanya. Sejak 2013 silam, program Skystar Ventures ini sudah memberi ruang yang terbuka lebar bagi para pejuang startup, serta berbagai dukungan materi lainnya.

startup centaurs Indonesia

Bersiap Jadi Unicorn, Ini Dia Startup Centaurs Indonesia

Danilla Riyadi

Danilla Riyadi, Si Cantik yang Nyentrik