in

Mengenal Berbagai Istilah dalam Stand Up Comedy

istilah dalam stand up comedy
Foto: pixabay

Ngobrolin.idStand up comedy dikenal dalam bahasa Indonesia sebagai komedi tunggal. Konsep pertunjukan ini mengharuskan si penampil membawakan lawakan sendiri di atas panggung. Ada banyak istilah dalam stand up comedy.

Stand up comedy biasanya dikaitkan dengan komedi cerdas. Sebab, sebagai komika atau pelaku stand up comedy, ia harus membuat materi komedinya terlebih dahulu. Biasanya, komika akan membawakan secara spontan, hafalan, ataupun menghafal beberapa bagian.

Dalam stand up comedy pun dikenal banyak istilah. Kata-kata ini digunakan untuk mengungkapkan beberapa istilah yang tidak ada di kehidupan sehari-hari. Apa saja? Yuk, simak!

Act out

Istilah ini berarti gerakan tubuh atau mimik muka yang dilakukan oleh seorang komika. Ia bisa saja menirukan orang lain, tokoh lain, bahkan suara dan mimik dari hewan dan benda-benda! Beberapa komika bahkan terkenal karena aksi act out-nya. Jika menirukan orang lain, act out disebut juga sebagai impression dan komikanya disebut impressionist.

Bit

Istilah bit mengacu pada satuan materi stand up comedy. Satu materi sendiri terdiri atas set up dan punchline. Set up adalah bagian yang membangun cerita, dan biasanya tidak lucu. Sementara, punchline adalah bagian paling lucu dalam sebuah bit.

Satu bit ini bisa berdiri sendiri, tanpa terhubung apa pun. Namun, seorang komika yang baik akan menyambungkan antar-bit yang ia punya sehingga pendengar tidak bingung.

Blue material

Bisa dibilang, blue material adalah bahan atau materi yang kotor, jorok, atau mengandung banyak sumpah serapah. Blue material tidak disampaikan di depan umum.

Callback

Istilah yang satu ini mengacu pada lawakan yang menggunakan lawakan sebelumnya sebagai bahan materi. Misalnya di awal, komika akan membahas soal orang gila. Lambat laun, bit berkembang menjadi bahasan lain. Jika komika melakukan punchline menggunakan bit orang gila, hal tersebut bisa dianggap sebagai callback.

Deadpan

Pernah menyaksikan penampilan komika yang datar tanpa ekspresi? Hal itu dinamakan deadpan. Biasanya, cara ini juga dilakukan tanpa melakukan pergantian ekspresi ataupun bahasa tubuh sama sekali. Nada suaranya juga datar. Namun, bit yang disampaikan jadi lebih meledak.

Heckler

Heckler adalah seseorang yang dengan sengaja melakukan serangan kepada komika yang sedang tampil. Serangan dadakan ini diharapkan bisa memecah konsentrasi komika.

LPM

Singkatan ini mengacu kepada laugh per minute. LPM sendiri merupakan ukuran seberapa banyak tawa yang dihasilkan komika dalam tiap menit penampilannya.

camilan kacang

Ngemil Kacang, Yuk!

jenis konsol

Playstation, Nintendo, Atau Xbox, Kamu Pilih yang Mana?