in

Mengenal dan Mengatasi Heatstroke Saat Cuaca Memanggang Kepala

Mengatasi heatstroke dengan langkah mudah berikut

Mengatasi heatstroke
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Cuaca panas yang melanda Indonesia akhir-akhir ini bisa menyebabkan kamu terserang heatstroke, lho. Singkatnya, heatstroke adalah sengatan panas yang terjadi ketika matahari terlalu terik dan mengenai tubuh kita. Mengatasi heatstroke harus segera dilakukan sesegera mungkin. Seperti ini caranya, ya!

Tanda awal heatstroke berupa suhu tubuh yang meningkat secara tiba-tiba. Kenaikan suhu yang sangat drastis ini dapat mencapai hingga 40 derajat Celcius. Selain itu, tubuh biasanya akan merasa lelah berlebih, detak jantung yang lebih cepat, sesak napas, muntah, bahkan pingsan. Selain itu, kulit akan menjadi lebih kering dan memerah bila disentuh.

Tak hanya fisik, gejala seseorang terserang heatstroke juga dapat dilihat dari perubahan psikisnya. Misalnya, seseorang jadi lebih mudah marah, bingung, dan merasa gelisah.

Baik disebabkan lingkungan maupun aktivitas, kenaikan suhu secara cepat dapat menjadi penyebab heatstroke pada tubuh. Penyebab heatstroke di lingkungan dapat dipicu oleh suhu udara yang sangat tinggi, seperti akhir-akhir ini yang banyak terjadi di Indonesia.

Selain cuaca, faktor lain juga bisa menyebabkan heatstroke. Semakin menua usia seseorang atau ketika masih kanak-kanak, justru semakin rawan terserang heatstroke. Penyebabnya adalah sistem saraf pada anak-anak belum sempurna. Sementara, lansia sudah mulai mengalami penurunan sistem saraf.

Selain itu, bila kamu sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu juga akan semakin rawan terkena heatstroke. Beberapa obat memiliki efek samping mempersempit pembuluh darah, membersihkan tubuh dari natrium dan air, serta antidepresan dan antipsikotik.

Cara mengatasi heatstroke yang paling mudah adalah dengan tetap terhidrasi. Semakin banyak kita mengonsumsi cairan, suhu tubuh akan semakin mudah normal. Mempertahankan suhu tubuh dari dalam sangat penting untuk mengatasi heatstroke.

Cara lain menjaga suhu tubuh adalah dengan memilih pakaian yang tepat. Gunakan pakaian yang tidak ketat, sejuk, dan longgar. Jangan menggunakan pakaian yang membuat kita mudah berkeringat karena membuat tubuh semakin dehidrasi.

Hindari berada di dalam kendaraan ketika cuaca sedang sangat terik, terutama mobil pribadi. Ketika mobil dalam keadaan tertutup, sirkulasi udara tidak akan baik. Dalam waktu 10 menit, suhu udara dapat meningkat hingga 7 derajat Celcius.

Jika kamu terkena heatstroke, sebaiknya sesegera mungkin meminta pertolongan. Dalam kasus ekstrem, bukan tidak mungkin heatstroke dapat menimbulkan korban jiwa.

aplikasi presentasi

Aplikasi Presentasi Selain Microsoft Power Point, Wajib Coba!

Olahraga perut

Trik Musnahkan Lemak, Autodatar dengan Olahraga Perut!