in

Mengenal Istilah ‘Cordon Bleu’, Dari Mana Asalnya?

Istilah ‘cordon bleu’
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Makanan yang satu ini sudah mendunia. Istilah ‘cordon bleu sendiri mengacu pada beberapa jenis makanan. Mulai dari chicken cordon bleu, veal cordon bleu, sampai pork cordon bleu bisa kamu jumpai sebagai menu di restoran Western. Penasaran nggak, sih, apa cordon bleu itu?

Cordon bleu dikenal juga sebagai schnitzel cordon bleu. Makanan ini diartikan sebagai suatu daging yang dibalutkan mengelilingi keju atau bisa juga daging yang diberi isian keju. Daging ini kemudian dibalut dan digoreng, baik dengan minyak sedikit maupun secara deep fried.

Daging yang biasa digunakan untuk olahan ini adalah daging ayam. Makanan ini dikenal juga dengan nama chicken cordon bleu. Bagian ayam yang digunakan adalah dada ayam.

Sementara, untuk veal atau pork cordon bleu biasanya menggunakan jeroan atau daging babi yang dibentuk tipis seperti daging ham dan selembar keju. Berbeda lagi dengan varian ham cordon bleu. Makanan yang ini diberikan isian tambahan berupa jamur untuk melengkapi keju.

Asal kata cordon bleu berasal dari bahasa Prancis, yang berarti pita biru. Awal mulanya, makanan ini ditujukan untuk para pemilik pita biru, yakni kasta tertinggi yang terdapat di Prancis, L’Odre des chevaliers du Saint-Esprit yang berada di bawah kewenangan Henri III of France pada 1578.

Seiring berjalannya waktu, istilah tersebut pun bergeser menjadi standar penyiapan makanan untuk bangsawan. Pita biru juga digunakan oleh koki pada apron mereka untuk menunjukkan tanda tersebut.

Asal mula cordon bleu berawal ketika daging goreng yang dikenal dengan nama schnitzel dibuat dengan isian keju. Varian olahan daging schnitzel tersebut pertama kali diperkenalkan di Brig, Swiss pada 1940-an. Istilah chicken cordon bleu sendiri mulai dikenal setelah muncul di majalah New York Times pada 1967.

Saking bekennya, ada banyak varian dari makanan yang satu ini. Namun umumnya, resep-resep tersebut tetap menggunakan bahan-bahan berupa irisan tipis daging dan keju.

Jenis cordon bleu yang paling terkenal adalah chicken cordon bleu yang menggunakan daging bagian dada ayam yang diiris sangat tipis, kemudian diberi daging ham dan selembar keju yang mudah leleh.

Daging yang sudah digulung ini kemudian diberi tepung roti di bagian luarnya dengan cara digulingkan. Kemudian, daging dimasak dengan cara deep fried, yaitu menggunakan minyak panas dalam jumlah banyak.

cara memperpanjang umur aki

Begini Cara Memperpanjang Umur Aki

olahan pisang kekinian

Olahan Pisang Kekinian, Simak Bisa Jadi Apa Saja