in ,

Mengenal Jenis-jenis Vaksin COVID-19 di Indonesia

jenis vaksin covid-19
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Saat ini program vaksinasi COVID-19 masih terus berlangsung, bahkan sedang digencarkan oleh pemerintah. Hal ini bertujuan untuk mencapai herd imunity sehingga daya tahan tubuh masyarakat bisa lebih kuat terhadap virus yang selama ini menjadi momok bagi seluruh masyarakat di dunia. Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis vaksin COVID-19 yang sudah mendapat izin untuk digunakan.

Memang nama-nama jenis vaksin COVID-19 tersebut agak aneh-aneh dan kurang familiar. Nah, biar kamu bisa lebih mengenalnya, simak ulasan di bawah ini yang dilansir dari Indonesia.go.id dan kompas.com.

Sinovac (CoronaVac)

Sinovac merupakan salah satu jenis vaksin yang paling mudah ditemukan. Efektivitas vaksin Sinovac mencapai 65,3 persen. Vaksin ini akan memicu kekebalan tubuh terhadap virus tanpa menimbulan respons penyakit yang serius.

AstraZeneca

Vaksin AstraZeneca sudah diuji coba di Universitas Oxford dan menunjukkan keefektifannya mencapai 65,3 persen. Vaksin AstraZeneca atau disingkat menjadi AZ dianggap lebih mudah didistribusikan karena tidak perlu disimpan dalam suhu yang sangat dingin. Efektivitas vaksin pada dosis pertama mencapai 64,1 persen dan meningkat pada dosis kedua mencapai 70,4 persen.

China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm)

Vaksin untuk program gotong royong ini sudah diujicobakan pada satu juta orang dan terbukti telah berhasil. Awalnya, vaksin ini hanya digunakan oleh warga Negara Cina, seperti pejabat, pelajar, dan pekerja yang bepergian. Uni Emirat Arab menjadi negara pertama selain Cina yang menggunakan vaksin Sinopharm.

Moderna

Moderna dikatakan memiliki efektivitas mencapai 94,5 persen. Pada November 2020 vaksin ini sudah mengajukan izin penggunaan darurat kepada regulator Amerika Serikat dan Eropa. Kini Moderna sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh BPOM AS (FDA) untuk penggunaan darurat.

Tingkat efektivitas moderna bisa dirasakan oleh penerima vaksin yang berusia dari 18 tahun hingga 65 tahun.

CanSino

CanSino merupakan jenis vaksin yang disediakan melalui program gotong royong. Efikasi vaksin ini mencapai 65—69 persen dan hanya perlu disuntikkan satu dosis. Namun, peneliti vaksin CanSinoBio menyarankan agar penerima vaksin diberikan suntikan penguat setelah penyuntikan vaksin.

 

 

netfix

Netflix, Berawal dari Jasa Penyewaan Kaset DVD Hingga Menjadi Platform Streaming Film Terkenal

kartu nikah digital

Sekarang Kartu Nikah Sudah Bisa Digital, Lho!