in , ,

Mengenal Lupus di Hari Lupus Dunia

Penyakit ini tidak menular tapi sangat berbahaya lho.

Foto: instagram Selenagomez

Ngobrolin.id — Hari ini, bertepatan dengan 10 Mei, merupakan Hari Lupus Dunia. Lupus sendiri merupakan penyakit autoimun dan sangat berbahaya. Hingga kini, belum ada obat khusus yang bisa mengobati secara tuntas penyakit ini.

Lupus adalah penyakit peradangan atau inflamasi kronis. Penyebabnya berasal dari sistem imun atau kekebalan tubuh yang menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh itu sendiri. Oleh karena itu, lupus disebut juga penyakit autoimun.

Lupus bisa menyerang berbagai bagian organ tubuh. Organ yang diserang antara lain kulit, sendi, sel darah, ginjal, paru-paru, jantung, otak, hingga sumsum tulang belakang.

Normalnya, sistem imun tubuh bertugas untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan dan infeksi. Namun pada penderita lupus, sistem imun itu justru menyerang diri sendiri. Hingga saat ini, belum ada yang tahu dengan pasti apakah penyebab lupus itu. Hanya saja penyakit ini lebih banyak diderita oleh perempuan ketimbang laki-laki.

Penyakit lupus ada beberapa jenis. Lupus eritematous sistemik terjadi secara menyeluruh atau sistemik pada tubuh penderita. Lupus eritematosus kutaneus merupakan manifestasi lupus pada kulit. Lupus eritematosus neonatal merupakan lupus yang menyerang bayi baru lahir. Lupus ini disebabkan oleh autoantibodi anti-Ro, anti-La, dan anti-RNP.

Lupus juga bisa terjadi akibat penggunaan obat. Beberapa jenis obat tersebut antara lain metildopa, pdocainamide, d-pennicillamine, dan minocycline. Lupus yang disebabkan oleh obat ini hanya terjadi sementara.

Beberapa gejala menunjukkan penderita menderita lupus. Gejala ini sebenarnya berbeda tergantung jenis lupus yang diderita. Berikut ini gejala yang ditunjukkan oleh penderita lupus eritematosus sistemik.

Pertama, penderita akan mengalami rasa lelah yang ekstrem. Rasa lelah tersebut sangat mengganggu dan menghambat aktivitas.

Kedua, penderita akan mengalami ruam pada kulit. Gejala ini dikenal juga sebagai ruam kupu-kupu atau butterfly rash karena bentuknya mirip dengan sayap kupu-kupu. Ruam ini bisa hilang dan biasanya terdapat di tangan dan pergelangan tangan.

Terakhir, penderita akan mengalami nyeri pada persendian. Gejala ini akan memburuk di pagi hari. Rasa nyeri juga berpindah dari satu sendi ke sendi lain dengan cepat. Penderita juga akan mengalami sariawan berulang kali, demam, hipertensi, sakit kepala, hingga rambut rontok dan hilang ingatan.

Lupus tidak bisa disembuhkan. Tujuan pengobatan lupus adalah untuk mengurangi tingkat keparahan gejala, mencegah kerusakan organ, dan meminimalkan dampaknya pada penderita. Jenis dan dosis yang diberikan pada penderita pun berbeda tergantung jenis lupus yang diderita, waktu, dan tingkat keparahannya.

tips merawat kuku

Tips Merawat Kuku supaya Cantik dan Tampak Feminin

Benarkah Ada Obat Penyakit Lupus?