in ,

Mengenal Paludarium, Membuat Alam Mini di Akuarium

karya seni yang sedang disukai oleh banyak orang

paludarium
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Kalau kamu pernah melihat akuarium yang tidak penuh diisi air dan justru terdapat beberapa ornamen hiasan yang terbuat dari batu atau kayu alam dan ditumbuhi tumbuhan, bisa jadi yang kamu lihat adalah paludarium. Saat ini karya seni paludarium lagi disukai oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan para penikmat bisa melihat alam asli yang dibuat di dalam akuarium.

Tanaman yang ditempelkan pada batu atau kayu tersebut bisa tumbuh karena memiliki perakaran di dalam air. Konsep udara yang digunakan pada paludarium juga membuat tumbuhan dapat berkembang dengan baik.

Sekilas paludarium hampir mirip dengan aquascape. Belakangan ini tren aquascape pun terus berkembang. Sudah banyak perlombaan aquascape yang digelar di berbagai negara, dari tingkat lokal sampai internasional.

Perbedaan yang mencolok antara karya seni ini dan aquascape adalah paludarium lebih fokus kepada komponen yang terdiri atas setengah air dan setengah daratan. Sementara, aquascape penuh di dalam air. Seluruh tanaman yang ditata di dalam aquascape berada di dalam air.

Hal lain yang membuat paludarium menjadi sangat diminati karena adanya variasi antara komponen darat dan air. Kamu sebagai penikmat bisa melihat keindahan kehidupan di dalam air yang biasa diisi oleh ikan kecil-kecil dengan warna yang menawan dan kehidupan darat yang dipenuhi oleh tumbuhan-tumbuhan. Tak jarang, di bagian yang kering atau daratan diberikan hewan-hewan darat yang tidak membahayakan tatanan palud.

Para konseptor paludarium biasanya akan membuat kehidupan mini di dalam akuarium dan membuatnya terlihat persis sama, hanya saja beda ukuran. Hal tersebut bertujuan untuk menyediakan nutrisi yang hampir sama dengan habitat alami sehingga para penghobi tidak perlu repot-repot memberikan pakan bagi ikan yang ada di dalam air palud.

Tanaman yang biasanya digunakan untuk paludarium adalah paku, monte carlo, atau bahkan ada yang menggunakan anggrek. Jenis ikan yang digunakan biasanya lebih baik ikan hasil tangkapan alam seperti ikan sepat dan cupang karena lebih mudah untuk diurus karena sudah kuat dari alam liar.

Satu lagi komponen penting yang harus ada dalam instalasi paludarium, yaitu lampu yang menggantikan tugas sinar matahari. Hal ini berguna untuk menumbuhkan alga yang tidak terlalu menyukai cahaya matahari yang terik.

 

film komedi

Rekomendasi Film Komedi yang Lucunya Gak Garing

Grilled Three Cheese Sandwich

Resep Grilled Three Cheese Sandwich Khas Toy Story