in

Mengenal Sosok Miliuner di Balik Aplikasi Zoom

aplikasi yang sedang digunakan banyak orang

aplikasi rapat online
foto: pexels

Ngobrolin.id — Di tengah wabah virus Corona, banyak perusahaan menerapkan kebijakan work from home (WFH) guna mencegah penyebaran virus tersebut semakin meluas. Di saat yang bersamaan banyak perusahaan yang mengalami penurunan omzet bahkan nilai sahamnya terus beranjak turun. Namun, berbeda halnya dengan pemilik aplikasi Zoom yang justru mengalami kenaikan keuntungan karena banyak pihak yang menggunakan jasanya.

Erick Yuan, pemilik aplikasi Zoom sudah memiliki ketertarikan terhadap dunia internet saat mendengar pidato Bill Gates pada 1990. Pada 1997, Erick Yuan pindah ke Amerika Serikat dan diterima bekerja di perusahaan WebEx karena kepiawaiannya menulis kode di komputer. Selang 10 tahun kemudian, saat WebEx diakuisisi oleh Cisco, Yuan mendapat kesempatan diangkat menjadi VP Korporat Teknik.

Setelah lama berkecimpung pada WebEx, pada 2011 akhirnya ia memutuskan untuk mendirikan perusahaan sendiri yang saat ini kita kenal dengan nama Zoom. Lebih dari 40 insinyur Cisco direkrut olehnya untuk masuk ke start up besutannya.

Pada 2012, Zoom akhirnya diluncurkan menjadi video konferensi yang bisa digunakan untuk melakukan pertemuan jarak jauh. Saat ini aplikasi tersebut digunakan oleh banyak kalangan untuk melangsungkan pertemuan. Baik mereka yang memang menggunakannya untuk kepentingan bisnis, maupun mereka yang menggunakannya untuk diskusi online membahas tema tertentu.

Banyaknya pengguna yang menggunakan aplikasi ini membuat nilai saham Zoom melonjak naik di tengah pandemi Corona. Mulanya, nilai saham aplikasi rapat online ini berkisar US$60, kini melonjak menjadi US$150. Jika dirupiahkan, total keuntungan yang didapat oleh Erick Yuan sekitar Rp112 triliun atau US$7 miliar dengan asumsi nilai rupiah sebesar Rp16.000/US$. Keuntungan ini masih terus merangkak naik karena masih banyak pengguna yang memanfaatkannya.

Tak dimungkiri, aplikasi ini sangat memudahkan banyak pihak dalam menjalin komunikasi selama masa social distancing dan physical distancing. Hal ini membuat pekerjaan kantor dapat tetap berjalan lancar meski tidak dilakukan di satu gedung kantor yang sama.

Selain itu, aplikasi ini juga membantu para aktivis ataupun para ahli untuk membagikan ilmunya yang biasanya dilakukan dalam konferensi atau seminar. Melalui aplikasi Zoom, kegiatan tersebut masih tetap bisa dilaksanakan dengan lancar.

aplikasi rapat online

Deretan Aplikasi Rapat Online yang Saat Ini Ramai Digunakan

harimau yang terinfeks corona

Seekor Harimau di AS Terinfeksi Corona