in , ,

Mengenalkan Asmaul Husna pada Anak dengan Cara Asyik

semakin mudah mengenalkan asmaul husna pada anak

mengenalkan asmaul husna
foto: pexels

Ngobrolin.id — Pembelajaran agama memang sudah harus dilakukan sejak anak masih kecil. Hal ini bertujuan agar setelah dewasa nanti, anak bisa menjalani kehidupannya sendiri sesuai dengan ajaran agama yang sudah tertanam di dalam hatinya. Salah satu pelajaran penting yang harus diberikan adalah mengenalkan Asmaul Husna pada anak.

Urgensi mengenalkan Sang Pencipta kepada anak sejak dini harus dipahami oleh setiap orangtua. Allah SWT memiliki 99 nama indah yang akan menjadi penuntun hidup sang anak di masa yang akan datang agar terhindar dari jalan yang salah. Selain itu, mengenalkan Asmaul Husna pada anak bisa menanamkan kepribadian yang kuat dan membentuk akhlak terpuji dalam diri mereka. Ada banyak manfaat yang bisa Bunda dapatkan dengan mengenalkan agama sejak usia dini pada si kecil.

Berikut ini beberapa tips mengenalkan Asmaul Husna pada anak dengan cara yang asik dan bisa Bunda terapkan di rumah.

Menjadi contoh figur yang baik bagi anak

Sebelum memberikan pelajaran penting dalam hidup anak, Bunda dan Ayah harus menjadi contoh yang baik bagi mereka. Anak kecil akan mencontoh orang-orang dewasa yang berada di lingkungannya, dengan menjadi contoh yang baik, Bunda dan Ayah bisa lebih mudah memberikan pelajaran pada sikecil.

Mengenalkan rahmat Allah SWT dari hal-hal kecil

Bernapas yang merupakan kegiatan rutin adalah sebagian rahmat Allah SWT. Bunda bisa mengenalkan contoh-contoh kecil yang ada di sekeliling anak sebagai contoh betapa luasnya nikmat Allah SWT pada hamba-Nya, seperti bernapas, burung beterbangan, dan lain-lain.

Mengucapkan kalimat positif untuk setiap perkembangan anak

Anak yang baru saja mulai belajar shalat pasti melakukan kesalahan. Bunda bisa memberikan pujian atas usahanya sambil membenarkan cara shalat yang salah.

Menyediakan buku bacaan

Menyediakan buku bacaan yang terkait dengan kebesaran Allah SWT dan Rasul-Nya dapat memudahkan Bunda untuk memberikan pembelajaran pada usia dini. Cerita & Makna Asmaul Husna untuk Anak memuat banyak kisah teladan yang bisa dijadikan pelajaran bagi si kecil. Buku tersebut juga dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik dan poster Asmaul Husna agar anak mudah menghafalkannya.

Membiasakan anak berdoa setiap kali ingin melakukan sesuatu

Mengenalkan Asmaul Husna pada anak bisa menjadi lebih mudah jika diaplikasikan langsung dalam aktivitas sehari-hari. Sebelum melakukan aktivitas, Bunda bisa mengajak si kecil untuk berdoa agar aktivitas yang akan dilakukan dirahmati oleh Allah SWT.

pizza pakai rice cooker

Resep Pizza Pakai Rice Cooker, Cocok untuk Buka Puasa

berdagang ala rasulullah

Tips Berdagang ala Rasulullah