in ,

Mengenang Charlie Chaplin, Si Aktor Komedian Berbakat

Charlie Chaplin
Foto: instaagram

Ngobrolin.id — Hari ini, tepat 130 tahun yang lalu, Sir Charles Spencer Chaplin lahir. Pria yang lebih dikenal dengan nama Charlie Chaplin tersebut merupakan legenda film bisu dunia. Namanya tersohor berkat perannya memainkan beberapa film bisu dengan banyak adegan komedi.

Charlie Chaplin lahir di Inggris pada 16 April 1889. Kedua orang tua Chaplin bekerja sebagai pemain pertunjukan balai musik. Ketidakharmonisan hubungan kedua orang tua Chaplin membuat Chaplin hidup dengan kemiskinan sejak kecil.

Sebelum berusia sembilan tahun, ia sudah bekerja hingga berganti dua tempat. Chaplin kecil mulai tampil di atas panggung pada saat masa-masa sekolahnya. Ia pertama kali tampil pada usia lima belas tahun. Ia mulai melakukan tur ke berbagai balai musik, sebagai aktor dan komedian.

Empat tahun kemudian, ia menandatangani kontrak dengan Fred Karno. Kontrak tersebut mengakibatkan ia harus dikirim ke Amerika. Di dunia industri film, Chaplin memulai kiprahnya pada 1914 di Keystone Studio.

Nama Charlie Chaplin melambung dengan personanya sebagai The Tramp. Sosok The Tramp merupakan sosok yang ia perankan dalam film berjudul serupa. Figur tersebut menjadi ikon perfilman yang sangat terkenal pada masanya.

Chaplin merupakan penulis naskah, sutradara, produser, penyunting, sekaligus aktor dan komposer musik pada sebagian besar film yang ia lakoni. Ia sangat perfeksionis dengan karyanya. Filmnya kebanyakan dikarakterisasikan sebagai slapstik dan campuran phantos. Termasuk, dalam persona The Tramp yang ia bawakan.

Film yang ia gubah juga sarat akan tema sosial dan politik, serta autobiografi. Pada 1972, ia mendapat penghargaan Kehormatan Alumni. Beberapa karyanya yang terkenal antara lain A Woman of Paris, The Gold Rush, City Lights, hingga The Great Dictator. Karya The Great Dictator yang dipertontonkan pada 1940 tersebut merupakan plesetan dari sosok Adolf Hitler.

Kesuksesan Chaplin bukan tanpa diwarnai kontroversi. Hingga akhir hayatnya pada 25 Desember 1977, ia dikenal sebagai sosok yang penuh kontroversi. Mulai dari kehidupan pribadi, kisah cintanya dengan beberapa wanita, hingga dituduh sebagai simpatisan komunis.

Meskipun demikian, dedikasinya di dunia seni peran telah membawa dampak besar bagi kemajuan industri perfilman. Beberapa karya terbaiknya dimasukkan dalam daftar film terbesar sepanjang masa.

 

telur dadar jadi lezat

Bosan? Tambahkan Ini Ke Telur Dadar Masakanmu

barang ini di pouch makeup

Ini Nih Barang yang Wajib Ada di Pouch Makeup-mu!