in

Mengobati Diabetes Harus Dibarengi dengan Ini

mengobati diabetes
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Sebagai salah satu penyakit paling mematikan, mengobati diabetes tidak bisa dilakukan dengan sembarang cara. Ada obat khusus dan insulin yang harus dikonsumsi dalam jumlah dan waktu tertentu. Selain itu, pengobatannya pun harus dibarengi dengan hal-hal lain.

Penyakit diabetes tidak bisa disembuhkan. Artinya, walaupun penderita memiliki kadar gula yang kembali rendah, penderita tetap bisa sewaktu-waktu mengalami berbagai gejala diabetes lagi. Mulai dari badan yang lemas hingga berbagai komplikasi dengan organ tubuh lainnya.

Untuk mengobati diabetes harus dibarengi dengan hal-hal berikut.

Gali informasi

Perkembangan pengobatan dan terapi untuk diabetes selalu berkembang setiap harinya. Oleh karena itu, jangan lelah untuk menggali informasi setiap harinya. Informasi bisa dicari dari sumber-sumber tepercaya. Kamu juga bisa melakukan konsultasi ke dokter ahli.

Selain itu, menggali informasi juga memungkinkan kamu mengetahui gejala awal komplikasi diabetes terjadi. Kamu juga bisa mencari tahu langkah-langkah mencegah diabetes dan mengatasi naiknya kadar gula darah yang tidak terkendali.

Patuhi aturan pola makan

Penyakit diabetes memiliki berbagai diet yang beragam. Mulai dari diet dengan kandungan serat tinggi hingga diet mengurangi konsumsi makanan manis dan gula. Banyaknya makanan berbahan gula dapat mengakibatkan metabolisme tubuh meningkat pesat. Dalam waktu lama, diabetes pun bisa terbentuk.

Olahraga

Membakar kalori dalam tubuh bisa dilakukan dengan berolahraga. Selain itu, manfaat menggerakkan tubuh antara lain bisa meningkatan sensitivitas insulin dan memperkuat sistem kekebalan tubuh jika dalam kondisi yang kurang prima.

Olahraga yang dilakukan pun bisa berupa olahraga sederhana. Mulai dari bersepeda, jalan kaki, dan jogging bisa membantu menyehatkan tubuh.

Berkonsultasi dengan dokter

Hal ini tidak kalah penting dibanding yang lain. Memeriksakan diri secara rutin bisa membuat penderita mengetahui keadaan tubuh, termasuk kadar gula darah. Konsultasi juga sebaiknya dilakukan secara rutin.

Tetap mengonsumsi obat

Walaupun penderita diabetes bisa hidup sehat tanpa obat-obatan, mengonsumsi obat resep dokter tetap perlu dilakukan. Terutama, jika sedang mengalami masa krisis seperti kadar gula darah yang berlebih, mengonsumsi obat bisa membantu mengembalikan tubuh ke kadar gula darah normal.

Obat yang dikonsumsi pun harus sesuai dengan saran dan resep dokter. Konsumsi obat yang berlebihan juga tidak baik. Salah satu akibat yang paling fatal adalah terganggunya fungsi ginjal.

 

konten YouTube

Mau Jadi YouTuber? Coba Bikin Konten YouTube Ini

minuman tidak baik untuk ginjal

Psst… Minuman Ini Tidak Baik untuk Ginjal