in

Menguap Tapi Tidak Ngantuk, Kok Bisa Ya?

ketahui info menariknya di sini

menguap tapi tidak ngantuk
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Biasanya seseorang akan menguap ketika sudah mendekati waktu tidur dan setelah bangun tidur . Tapi, kamu pasti pernah mengalami menguap dan anehnya tidak disertai rasa kantuk. Berarti mengantuk atau kurang tidur bukan menjadi satu-satunya alasan manusia menguap tapi tidak ngantuk, Lalu, kira-kira apa saja ya penyebab menguap itu?

Sebenarnya, menguap memang menjadi salah satu pertanda atau alarm bahwa diri kamu sudah kelelahan dan mengantuk. Selain itu, mengantuk juga dapat disebabkan kamu mengalami gangguan dalam tidur sehingga kualitas tidur kamu kurang baik. Meskipun demikian, hal tersebut bukanlah menjadi faktor utama kamu tiba-tiba menguap saat jam belajar atau bekerja. Yuk, simak ulasan berikut!

Bosan

Kamu pasti akan menguap ketika merasa bosan. Saat kamu merasa bosan karena tidak ada aktivitas menarik yang dapat kamu lakukan, bagian otak tidak menerima rangsangan dari apa yang kamu rasa sehingga membuat kamu mengantuk dan menguap.

Kurang tidur

Kekurangan waktu tidur dari batas standar biasanya dapat menyebabkan kamu sering menguap. Pasalnya, kualitas tidur kamu menjadi menurun karena durasi yang sebentar sehingga tubuh kamu belum sepenuhnya selesai masa istirahat atau recovery.

Efek samping obat

Jika kamu sedang berada di bawah pengawasan dokter dan diharuskan mengonsumsi obat-obatan, pastikan dulu obat tersebut mengandung obat tidur atau tidak. Biasanya, dokter memberikan kamu obat tidur agar kamu bisa beristirahat lebih optimal.

Mendinginkan otak

Ketika kamu menguap, rahang akan terbuka sangat kuat sehingga mampu meningkatkan aliran darah pada kepala, wajah, dan leher. Ketika kamu menghirup udara dalam-dalam sesaat sebelum menguap, membuat udara dingin masuk ke otak. Ternyata, hal tersebut dapat membantu mengeluarkan hawa panas di otakmu.

Menguap menular

Menguap yang menular menunjukkan kualitas empati seseorang terhadap orang lain. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada anak-anak normal dan anak autis. Anak autis cenderung tidak menguap saat melihat orang lain menguap, sedangkan anak normal akan menguap. Hal ini menandakan bahwa interaksi sosial yang berjalan baik menjadi penyebab menguap itu menular.

Memiliki penyakit serius

Jika kondisi menguap yang terjadi dalam jangka waktu pendek terjadi secara terus-menerus, padahal kamu sudah memiliki waktu tidur yang cukup, segera periksakan diri ke dokter. Bisa jadi menguap menjadi pertanda bahwa sedang ada yang salah dengan diri kamu.

ular kobra

Waspada Musim Tetas Ular Kobra, Kamu Mesti Tahu Cara Menanganinya

mengetahui telur masih segar

Cara Mengetahui Telur Masih Segar atau Tidak