in

Mengulas Bitcoin yang Digadang Jadi Uang Masa Depan

konsep bitcoin
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Pernah dengar tentang bitcoin? Istilah yang populer akhir-akhir ini tersebut diciptakan oleh Satoshi Nakamoto. Nilai tukar bitcoin yang fantastis membuat para ‘penambang’ bersemangat melakukan pencarian terhadap barang yang satu ini. Tapi bagaimana konsep bitcoin yang sebenarnya?

konsep bitcoin
Foto: pixabay

Pada dasarnya, bitcoin merupakan alat tukar perorangan yang dilakukan tanpa melalui pihak penengah. Jika diibaratkan mata uang, selalu ada bank yang mengatur peredaran mata uang tersebut. Transfer bitcoin tidak dilakukan melalui bank mana pun. Karena itulah, ia tidak dikenai biaya tambahan seperti biaya administrasi.

Di dunia nyata, kita mengenal emas sebagai benda berharga yang memiliki nilai. Uang yang kita gunakan sehari-hari pun memiliki jaminan emas di bank negara. Emas sendiri digunakan sebagai benda berharga karena memiliki karakteristik yang unik.

Emas terbatas dan langka. Namun, ia dapat dipecah menjadi bentuk-bentuk yang lebih kecil. Dibandingkan dengan semua logam mulia, nilai tukar emas cenderung stabil dan tidak mengalami degradasi. Keunggulan lain adalah emas mudah dikenali, tetapi juga sulit dipalsukan.

Bitcoin memiliki karakteristik yang sama dengan emas. Sejak diciptakan, bitcoin hanya memiliki jumlah terbatas, yaitu hanya ada 21 juta di dunia. Bitcoin juga dapat dipecah menjadi lebih kecil. Nilai bitcoin juga stabil dan tidak mengalami inflasi. Bitcoin juga sangat sulit dipalsukan.

Server penyimpanan bitcoin tidak hanya pada satu titik. Setiap pengguna yang terhubung dalam jaringan akan memiliki akses tersebut. Itulah mengapa bitcoin dapat dikirimkan ke mana saja dan kapan saja dalam hitungan detik, selama ada koneksi internet. Ketika transaksi terjadi, komputer yang terlibat dalam jaringan bitcoin akan memverifikasi data yang kamu masukan untuk mencegah kecurangan.

Transaksi bitcoin dilakukan melalui wallet. Wallet ini harus terinstal oleh pengirim ataupun penerima bitcoin. Data keuangan yang mencatat transaksi tersebut tidak dicatat oleh bank dan institusi manapun, tetapi dalam komputer yang kamu pakai dan jaringan di seluruh dunia. Oleh karenanya, jika komputermu rusak, data bitcoinmu juga hilang. Penting untuk terus melakukan back up berkala agar data tidak hilang.

Konsep bitcoin perkembang pesat di dunia teknologi. Hal ini karena nilai tukarnya terus merangkak naik semakin hari. Pada 2013, nilai tukar 1 BTC (bitcoin) hanya berkisar US$13. Sementara pada 2019, 1 BTC dihargai hingga US$3.990.

Selain BTC, satuan bitcoin yang lain adalah satoshi. Nilai 1 BTC sama dengan 100.000.000 satoshi sehingga kita pun bisa memiliki kurang dari satu bitcoin.

Bitcoin pun diakui sebagai mata uang baru yang masih dalam tahap pengembangan sehingga belum semua transaksi dapat dilakukan dengan penukaran bitcoin. Beberapa kasus menunjukkan bahwa bitcoin dapat dikenai pajak dan aturan hukum. Penemuan ini bisa jadi semakin sempurna hingga pada akhirnya sungguh-sungguh dapat menggantikan mata uang. Tapi karena masih bersifat uji coba, masa depan uang virtual tidak bisa diprediksi apakah akan berhasil atau sebaliknya.

para chef ini cantik

Selain Jago Mengolah Makanan, Para Chef Ini Cantik Menawan

kado ultah buat teman

Bikin Sendiri Yuk Kado Ultah Buat Teman