in

Mengulik Asal-usul Martabak Manis

Martabak manis
Foto: Google Image

Ngobrolin.id — Martabak manis selalu menjadi pilihan favorit berbagai kalangan. Itu semua tak luput karena ragam topping yang siap membuat rasa manis ‘meledak’ di mulut sejak gigitan pertama, serta adonan dengan harum nan menggoda. Tapi, tahukah kamu dari mana asal martabak manis yang disukai banyak orang ini?

Martabak manis
Foto: Google Image

Beberapa waktu lalu, martabak manis jadi perbedebatan warganet karena diakui sebagai makanan khas Malaysia dengan nama apam balik. Antara martabak manis dan apam balik memang memiliki kemiripan, tapi tak sama persis.

Martabak sendiri, seperti dikutip Fimela.com dari berbagai sumber, Selasa (12/2), merupakan makanan yang diciptakan warga keturuan Tionghoa di wilayah Bangka Belitung. Nama asli makanan ini adalah Hok Lo Pan yang bermakna kue orang Hok Lo.

Kue ini kemudian makin dikenal masyarakat luas hingga ke luar Kota Bangka. Dari situ, banyak orang menyebutnya sebagai kue rembulan atau terang bulan karena berbentuk bulat dan berwarna kuning.

Awal diciptakan, topping martabak hanya berupa gula dan wijen sangrai. Tapi, seiring perkembangan zaman, taburan untuk martabak semakin bervariasi. Bahkan, sekarang, adonannya sudah punya varian rasa kekinian seperti green tea dan red velvet.

Ada banyak sebutan untuk martabak manis di Indonesia. Di Jakarta dan Bandung, orang menyebut makanan ini dengan sebutan martabak manis dan asin. Sementara, di Semarang dan sekitarnya ada yang menyebut kudapan ini dengan sebutan kue bandung.

Di Medan, orang-orang menyebut kue ini dengan martabak bangka. Sementara di Pontianak, orang menyebutkan sebagai apam pinang. Di beberapa daerah lain kue ini disebut dengan sebutan kue terang bulan atau rembulan.

Little black dress

5 Model Little Black Dress yang Sesuai Tipe Bentuk Tubuh

rekan kerja yang menyebalkan

6 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Menyebalkan