in

Mengulik Sejarah Onigiri

sejarah onigiri
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Apakah kamu salah satu penggemar onigiri? Makanan siap saji asal Jepang ini populer di kalangan anak muda karena kepraktisannya. Ternyata, sejarah onigiri bermula dari makanan yang dibawa untuk piknik, lho.

Onigiri adalah sebutan dalam bahasa Jepang untuk nasi kepal berbentuk segitiga. Onigiri dibuat ketika nasi masih panas. Bentuknya beragam. Kamu bisa menemui onigiri berbentuk bola, bulat, atau segitiga.

Tak hanya bentuk, isian onigiri pun beragam. Kamu bisa menemukan onigiri berisi tuna, ayam, dan isian lainnya. Namun, ada juga onigiri yang dibuat tanpa diberi isian. Ciri khas dari makanan khas Jepang ini adalah terdapat tambahan rumput laut di bagian luarnya sehingga memberikan rasa gurih. Tapi ini opsional ya, tanpa rumput laut pun kamu sudah bisa membuat onigiri.

Selain dikenal dengan nama onigiri, di Jepang makanan ini juga disebut sebagai omosubi. Istilah ini muncul sejak para wanita di istana menyebutnya demikian. Berbeda dengan kuliner Jepang lainnya, onigiri tidak dimakan dengan sumpit. Kamu bisa menyantap menu ini langsung dengan tangan.

Persebaran nasi kepal ini cukup luas. Di Hong Kong, Cina, Taiwan, hingga Korea juga mengenal kudapan ini. Di Korea, onigiri dikenal juga sebagai jumeok bap atau samgak gimbap yang artinya nasi kepal atau nasi segitiga rumput laut.

Sejarah onigiri bisa dikulik dari buku harian Murasaki Shikibu Nikki dari Murasaki Shikibu. Buku ini ditulis pada sekitar abad kesebelas. Di dalam catatannya, Murasaki menuliskan tentang orang yang memakan bola-bola nasi. Tulisan tersebut menceritakan tentang orang-orang yang menyantap bola nasi atau tonjiki pada saat piknik makan siang.

Sementara, bukti fisik onigiri di masa lalu ditemukan pada 1987. Pada tahun tersebut, ditemukan gumpalan butiran nasi yang sudah terkarbonasi. Diduga, gumpalan nasi tersebut berasal dari zaman Yayoi. Bukti fisik itu ditemukan pada saat penggalian arkeologi yang dilakukan di Prefektur Ishikawa.

Nasi yang menjadi bukti tersebut memiliki bekas tekanan jari-jari tangan manusia dalam pembuatannya. Tak hanya itu, nasi kepal yang diduga nenek moyang onigiri juga ditemukan di situs peninggalan Prefektur Kanagawa.

fenomena menarik langit pada Juli

Fenomena Menarik Langit Bulan Juli, Catat Tanggalnya

herniasi otak adalah

Beragam Jenis Herniasi Otak