in

Mengungkap Popularitas Gorengan si Raja Camilan

Suka makan gorengan? Yuk cari tahu kenapa

kelebihan gorengan
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Salah satu camilan ini sudah lama menguasai pasar camilan di Indonesia. Berbagai kelebihan gorengan menjadikannya makanan yang banyak digemari oleh beragam kalangan. Penasaran nggak sih kenapa gorengan bisa laku keras dan masih punya banyak penggemar meskipun berdampak kurang baik bagi kesehatan?

Gorengan sendiri memiliki definisi yang sangat luas. Segala jenis kudapan yang dibuat dengan cara digoreng dapat masuk dalam kategori ini. Khususnya, gorengan menggunakan minyak dalam jumlah banyak, api besar, dan menggunakan adonan tepung sebagai pembalutnya.

Gorengan pun sangat banyak macamnya. Beberapa jenis gorengan yang paling populer adalah tempe, tahu, bakwan atau bala-bala, pisang goreng, molen, ubi, singkong, dan olahan turunannya seperti risol, cireng, dan comro.

Kelebihan gorengan tidak lepas dari jenisnya yang beragam tersebut. Bosan makan tahu? Ada tempe. Bosan dengan bala-bala? Ada molen yang terbuat dari aneka isian seperti pisang, ubi, dan nanas. Bahan yang beragam membuat gorengan ‘masuk’ ke semua kalangan.

Popularitas gorengan yang utama adalah karena kudapan ini dapat dikonsumsi kapan saja. Gorengan dapat disajikan sebagai camilan ataupun lauk tambahan. Sebagai camilan, kamu bisa menyantap gorengan ditemani dengan minuman hangat dan cabai agar lebih nikmat.

Selain itu, nggak bisa dimungkiri bahwa harga gorengan masih jauh lebih murah daripada camilan lain yang dijual di pasaran. Satu potong gorengan dibanderol dengan harga seribu hingga dua ribu rupiah, tergantung ukuran dan tempat kamu membelinya.

Karena harganya yang murah, gorengan pun disukai sebagai camilan bersama. Tentu kamu pernah, dong, membeli gorengan bersama teman dengan jenis yang berbeda untuk dinikmati bersama? Yup, cuma gorengan yang bisa menyatukan perbedaan itu!

Selain itu, pedagang gorengan dapat ditemui di mana saja. Penjual gorengan banyak jumlahnya. Mereka pun berjualan tanpa kenal waktu. Ada yang jual saat pagi, siang, dan malam hari. Jangan takut kehabisan gorengan karena makanan ini sangat ‘setia’ alias setiap tikungan ada. Nggak percaya?

Gorengan sendiri adalah makanan yang proses pembuatannya sangat simpel. Rasa gorengan biasanya ditentukan dari takaran yang digunakan oleh penjual. Jadi, jangan heran bila kamu dan temanmu punya langganan gorengan yang berbeda karena itu semua kembali ke selera masing-masing.

Eits, penting untuk diingat bahwa walaupun gorengan aman untuk dikonsumsi, sebaiknya tetap dibatasi, ya. Terlalu banyak makan gorengan bisa membuatmu mengonsumsi lemak dan karbohidrat berlebih. Imbangi dengan banyak minum air putih dan konsumsi sayuran.

Susu nabati

Susu Nabati yang Tak Kalah Bernutrisi

Rahasia Mengolah Brokoli Tetap Hijau dan Sedap