in ,

Mengupas Sejarah Wkwkwk Sebagai Ketawa Orang Indonesia

wkwkwk
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Pasti kamu pernah mengetik ‘wkwkwk ketika sedang chatting sebagai ekspresi bahwa kamu sedang tertawa. Tahukah kamu kalau ekspresi yang menggambarkan seseorang sedang tertawa berbeda-beda di setiap negara. Ekspresi yang paling sering kamu temukan adalah LoL atau laugh out loud. Wkwkwk hanya digunakan oleh orang Indonesia.

Lantas, pernahkah kamu penasaran dengan asal-usul wkwkwk sebagai bahasa tertawa orang Indonesia. Banyak warganet yang mulai membahas hal ini di berbagai situs diskusi, salah satunya adalah Quora.

Salah satu pengguna Quora, Dio Wijayanto Nugroho menjelaskan bahwa wkwkwk berasal dari komunitas gaming. Saat itu, para gamers mengubah ekspresi tertawa ‘hahaha’ menjadi ‘hwhwhw’. Hal ini juga pernah terjadi pada penyebutan kata ‘gua’ menjadi ‘gw’. Kemudian, karena letak huruf ‘h’ di keyboard terbilang kurang asyik dijangkau ketika sedang mengetik, akhirnya huruf tersebut diganti dengan huruf ‘k’. Akhirnya, jadilah wkwkwk.

Masih dari situs yang sama, yakni Quora, pengguna lain yang bernama Muhammad Hakim mengatakan bahwa pada era 1990-an, di mana komputer baru berkembang di Indonesia, banyak anak muda yang mengikuti gaya tertawa khas Donald Duck sebagai bahan bercanda. Kemudian kebiasaan tersebut mulai diikuti oleh para gamers.

Sementara, pengguna lain yang bernama Johannes Sulistyo menjelaskan, wkwkwk berasal dari kata ‘ka-ka-ka’ yang menunjukkan ekspresi tertawa sarkastik. Kata tersebut berasal dari kata ‘ngakak’.

Namun, saat ini ‘wkwkwk’ tidak hanya digunakan ketika seseorang sedang tertawa, tetapi juga sering digunakan untuk mencairkan suasana. Jadi, gak semua orang yang mengirim ekspresi tersebut sedang benar-benar tertawa. Malahan, saat ini ekspresi tersebut sering digunakan untuk menciptakan kesan yang ramah pada teman seangkatan.

Bahkan, sempat ada beberapa salah persepsi ketika seseorang tidak mengetik tanpa ‘wkwkwk’, dikiranya dia tidak ramah atau sedang ada masalah. Terlepas dari itu semua, ‘wkwkwk’ jangan sekali-kali kamu gunakan ketika sedang berkomunikasi dengan orang baru atau orang yang lebih tua dari kamu, bisa-bisa dikira kurang sopan atau cengengesan. Kecuali, jika kamu sudah mengenalnya dengan baik.

Menurun Kamus Inggris Oxford sendiri, cara yang benar dan baku dalam mengekspresikan tertawa adalah ‘ha ha’ atau ‘ha ha ha!’ Tetapi, karena rumit sehingga banyak orang yang menyingkatnya jadi ‘haha’.

 

Desa Panimbun

Desa Penimbun, Desa yang Pantang Jual Nasi

bidang pekerjaan

Pekerjaan yang Dulu Ada, Sekarang Sirna