in , ,

Menstrual Cup, Pengganti Pembalut yang Ramah Lingkungan

aman tidak ya pakai menstrual cup?

menstrual cup
foto: pixabay

Ngobrolin.id— Selain pembalut dan tampon, kamu juga bisa menggunakan menstrual cup yang kini sudah mulai banyak digunakan. Alat ini terbuat dari silikon yang berbentuk seperti tabung kerucut atau corong. Berbeda dengan pembalut atau tampon, menstrual cup digunakan untuk menampung darah menstruasi bukan menyerap darah.

Sebenarnya, penggunaan menstrual cup masih terbilang jarang dilakukan oleh warga Indonesia. Hal ini dikarenakan cara penggunaannya yang masih cukup tabu. Pada dasarnya, penggunaannya hampir sama dengan tampon, yaitu memasukkan menstrual cup ke organ kewanitaan untuk menampung darah. Setiap beberapa jam sekali, alat tersebut dikeluarkan untuk membuang darah yang tertampung, lalu disterilkan dan dimasukkan kembali.

Terlepas dari kontroversi yang masih berkembang di masyarakat Indonesia, menstrual cup sebenarnya memiliki beberapa keuntungan. Alat ini bisa bertahan cukup lama, yaitu sekitar 6 bulan sampai 10 bulan, daya tahannya sangat bergantung pada cara perawatan dan jenis alatnya. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa menstrual cup digadang-gadang lebih ramah lingkungan.

Kapasitas menstrual cup bisa menampung darah menstruasi sebanyak 40 ml. Kapasitas ini dinilai lebih besar dibanding tampon atau pembalut. Oleh karena itu, alat ini bisa dipakai lebih lama daripada tampon dan pembalut. Jadi, kamu tidak perlu mengganti-ganti pembalut terlalu sering karena khawatir darah menembus celana.

Tapi, kalau darah menstruasi yang keluar sedang banyak-banyaknya, kamu perlu mengeluarkannya dan mensterilkannya setiap 3—4 jam sekali.

Sebenarnya, penggunaan menstrual cup bisa meminimalisir tragedi kebocoran darah menstruasi. Namun, kamu baru bisa merasakannya ketika sudah andal menggunakan alat ini. Pasalnya, banyak pengguna baru yang masih mengalami kebocoran bercak darah karena cara menggunakannya kurang tepat.

Alat ini juga sudah dinilai aman untuk kesehatan organ intim kewanitaan sehingga banyak orang luar negeri yang sudah menggunakannya.

Menstrual cup tersedia dalam berbagai ukuran. Kamu harus mencari ukuran yang sesuai agar mudah menggunakannya dan tidak menyebabkan kebocoran. Pastikan juga bahan pembuatan alat ini tidak akan menyebabkan kamu iritasi.

Jadi, kalau kamu sudah memutuskan ingin menggunakan alat ini, kamu harus rajin mensterilkan alat dan menjaganya dengan benar, agar ketika dipakai tidak akan membahayakan diri kamu.

rantang susun

Sejarah Rantang Susun, Kamu Pernah Punya atau Malah Dapat Kiriman Makanan Rantang?

pesan whastapp

Cara Mengirimkan Pesan WhatsApp Secara Otomatis