in

Menu Dada Ayam Antibosan, Diet Tetap Aman

Dada ayam, hidangan kaya protein yang baik bagi orang diet

menu dada ayam
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Saat menjalani program diet, kita sering kali terpentok oleh menu yang itu-itu saja dan terkesan membosankan. Salah satu bahan pangan yang banyak dianjurkan untuk diet adalah dada ayam. Kini, ada menu dada ayam yang bisa kamu jadikan santapan lezat tanpa khawatir diet terganggu.

Menu yang direkomendasikan oleh Tim Ngobrolin kali ini adalah dada ayam panggang bumbu lemon. Olahan yang satu ini tak hanya sehat, tapi juga lezat. Dada ayam yang diolah dengan cara dipanggang juga lebih baik daripada digoreng.

Untuk membuatnya, kamu perlu menyediakan bahan-bahan berikut. Dada ayam 250 gram, 2 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, garam, merica, 2 sendok makan minyak zaitun, dan buah lemon.

Pisahkan bagian daging dada ayam dengan kulitnya. Agar lebih sehat, kamu bisa pisahkan kulit ayam ini untuk tidak digunakan dalam menu dada ayam ini. Kulit ayam juga kurang baik sebagai hidangan jika kamu sedang menjalani program diet.

Cara membuat dada ayam panggang bumbu lemon ini sebagai berikut. Pertama, siapkan wadah yang cukup besar terlebih dahulu. Kemudian, campurkan bawang merah, bawang putih, garam, merica, minyak zaitun, dan air perasan jeruk lemon dalam wadah tersebut. Aduk hingga seluruh bahan tercampur dengan rata.

Ambil dada ayam yang akan digunakan. Lumuri daging tersebut dengan campuran bumbu tadi hingga merata. Tetap letakkan dalam wadah tersebut dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Tujuannya adalah bumbu dapat meresap ke dalam daging atau disebut marinasi.

Jika bumbu lemon dirasa sudah cukup meresap, kamu bisa mulai memanggangnya dalam oven atau pemanggang. Lakukan pemanggangan ini selama 10—15 menit saja. Awas, jangan sampai gosong!

Kamu perlu ingat untuk memanggang daging ayam jangan sampai gosong agar tidak terbentuk zat karsinogenik yang membahayakan bagi kesehatan. Tambahan bumbu lemon juga diberikan agar rasa daging lebih lezat dan nikmat.

Angkat dada ayam jika sudah matang. Menu lezat nan sehat ini pun siap disantap dengan tamabahan nasi merah atau kentang rebus. Sebenarnya, kamu tetap bisa menggunakan nasi putih hangat seperti biasa. Penggunaan nasi merah atau kentang rebus ini direkomendasikan agar asupan kalori yang kamu konsumsi tetap terjaga.

penyakit ginjal

Kebiasaan Kecil tapi Berbahaya, Hindari Ini agar Ginjalmu Tetap Prima

The End of The F**king World, Komedi Gelap dari Kisah Cinta James & Alyssa