in

Menu Nasi Tim untuk Anak 12 Bulan

nasi tim
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Memasuki tahun kedua, makanan untuk si kecil sudah makin beragam ya, Moms. Mulai dari nasi tim, berbagai macam sayuran, buah-buahan, dan sebagainya sudah bisa diberikan untuk mendukung pertumbuhannya. Kali ini, Ngobrolin.id ingin berbagi bersama Moms, makanan apa saja yang sebaiknya diberikan untuk anak 12 bulan dan menu nasi tim andalan.

Anak akan lebih mudah merasakan rasa dan tekstur makanan. Meskipun demikian, makanan yang biasa diberikan dari usia enam hingga sepuluh bulan masih bisa diberikan, lho. Di sisi lain, bayi juga mulai bisa mengonsumsi makanan orang dewasa tanpa tambahan penguat rasa. Meskipun demikian, tidak berarti semua makanan dewasa boleh diberikan, ya.

Konsumsi ASI ataupun susu formula anak usia 12 bulan sangat beragam. Tapi Moms sudah dapat mengurangi pemberian ASI bisa diberikan bila si kecil meminta saja.

Nah, menu dewasa yang bisa dikonsumsi si kecil antara lain adalah nasi tim ayam jamur. Makanan ini memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang cukup untuk seusianya. Satu porsi nasi tim mengandung kalori sebanyak 99,9 kilo kalori, protein 8,8 gram, lemak 2,2 gram, dan karbohidrat 10,4 gram.

Moms, berikut menu nasi tim ayam jamur untuk tiga porsi, ya.

Pertama, siapkan dulu bahan-bahan untuk membuat menu ini:

  • 75 gram daging ayam yang sudah dicincang
  • 50 gram jamur kancing yang sudah dicincang
  • 100 gram nasi putih
  • 5 sendok makan kaldu ayam
  • ¼ bawang bombai yang sudah dicincang dadu
  • 25 gram tahu putih yang sudah dicincang.

Cara membuatnya juga mudah, lho Moms. Langkahnya adalah dengan mencampur semua bahan dalam wadah tahan panas. Aduk semua bahan sampai tercampur rata.

Ratakan campuran hingga rata di wadah tersebut. Kukus hingga nasi tim matang, kemudian angkat dan tunggu hingga dingin.

Setelah itu, segera berikan ke buah hati. Rasa ayam, tahu, dan jamur yang gurih ditambah bawang putih, bawang bombai, dan kaldu pasti bikin si kecil makin doyan makan.

Jangan lupa cukupi asupan nutrisi kebutuhan vitamin dan mineral lainnya dengan buah dan sayur yang cukup karena makanan ini tidak menambahkan komposisi buah ataupun sayur. Moms bisa membuat puree seperti saat si kecil masih awal-awal diberikan MPASI. Moms juga bisa memberikan buah-buahan tanpa diolah terlebih dahulu, selama sudah dalam keadaan tercuci bersih dan dipotong-potong agar memudahkan proses makan si kecil.

film fantastic beast

Sekuel Film Fantastic Beast Diproduksi Sampai 2022!

makan ibu hamil

Perhatikan Tips Makan Ibu Hamil Ini Ya