in

Milenial Bisa Beli Rumah Pakai BPJS Ketenagakerjaan Lho, Ini Caranya!

beli rumah pakai BPJS Ketenagakerjaan
Foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Banyak di antara kalangan milenial yang belum sanggup membeli rumah sendiri karena harganya mahal. Namun jangan khawatir, sekarang kamu bisa beli rumah pakai BPJS Ketenagakerjaan, lho. Program baru ini bernama KPR BPJS yang hanya menawarkan besaran bunga 7,75 persen.

Program baru BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) memiliki 2 jenis pengajuan KPR BPJS, yakni KPR subsidi untuk masyarakat berpengasilan rendah dan KPR nonsubsidi untuk kelompok di luar kategori masyarakat berpenghasilan rendah.

Syarat mengajukan KPR dengan BPJSTK

Bagi kamu yang sudah menjadi peserta BPJSTK dan tertarik dengan program baru dari BPJSTK 2019 ini, berikut syarat yang harus kamu penuhi.

  • Telah terdaftar aktif sebagai peserta BPJS manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) minimal selama 1 tahun.
  • Perusahaan tempat bekerja tertib administrasi dan iuran serta tidak berstatus Perusahaan Daftar Sebagian (PDS) upah ataupun tenaga kerja.
  • Telah berstatus karyawan tetap minimal selama setahun.
  • Belum memiliki rumah sendiri (merupakan rumah pertama).
  • Peserta yang mengajukan pinjaman telah lolos verifikasi kredit dari bank penyalur yang bekerja sama, BI Checking dan OJK.
  • Harga rumah yang ingin dikredit atau jumlah pencairan dana yang diajukan untuk membangun rumah tidak lebih dari Rp500 juta (bisa apartemen atau rumah tapak dan rumah baru ataupun rumah bekas)

Cara Mengajukan KPR dengan BPJS Ketenagakerjaan

Jika sudah dirasa memenuhi syarat tersebut, kamu bisa langsung mengajukan KPR dengan BPJSTK dengan beberapa prosedur. Kamu hanya perlu langsung mengajukan fasilitas KPR ke bank kerja sama (saat ini masih BTN), dengan menyertakan fotokopi bukti kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Jangan lupa juga membawa Kartu identitas peserta BPJSTK (aslinya), KTP (dan fotokopinya) dan Formulir pengajuan ke bank yang telah bekerja sama tempat kamu mengajukan KPR BPJS.

Berikutnya, bank akan melakukan verifikasi dan BI Checking. Pastikan kamu tidak masuk blacklist BI agar permohonan kredit bisa disetujui. Setelah melewati proses verifikasi pertama, bank kerja sama akan melanjutkan permohonan kredit tersebut ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan untuk verifikasi selanjutnya, yaitu verifikasi kepesertaan.

Setelah itu, kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan akan mengirim formulir persetujuan kepada bank kerja sama untuk kemudian diproses/ditolak. Ini sesuai dengan hasil verifikasi kepesertaan yang akan dikonfirmasikan oleh bank kerja sama kepada peserta yang mengajukan kredit.

Lolos atau tidaknya kamu dalam proses pengajuan program KPR BPJS ini jika sudah masuk ke tahap verifikasi oleh BPJS, sepenuhnya keputusan itu dilakukan oleh BPJS bukan lagi bank bersangkutan.

tanda kamu sudah dewasa

Ini Tanda Kamu Sudah Dewasa

trik supaya dapur terlihat elegan

Trik Supaya Dapur Terlihat Elegan dengan Biaya Murah