in

Minuman Khas Daerah Cocok Diminum Saat Gerah

Siang panas, minum es seger nih.

minuman khas daerah
Foto: instagram manislegit.id

Ngobrolin.id — Cuaca yang panas membuat kita lebih cepat haus. Tim Ngobrolin punya minuman rekomendasi, nih. Bukan boba milk tea atau es kopi susu kekinian, ini dia minuman khas daerah yang bisa menyejukkan kembali harimu.

Es cendol

minuman khas daerah
Foto: instagram manislegit.id

Terbuat dari tepung beras, adonan cendol biasanya ditambahkan daun suji sehingga warnanya menjadi hijau. Cendol pun dicetak dengan ditekan dan keluar berbentuk tali panjang yang putus-putus. Minuman ini biasa dinikmati dengan tambahan gula jawa encer dan santan sehingga rasanya manis dan gurih. Tak lupa, es batu juga diberikan supaya dingin.

Es selendang mayang

minuman khas daerah
Foto: instagram teresaculinary

Minuman khas Betawi satu ini terbuat dari tepung hunkwe yang membentuk ‘selendang mayang’ berwarna putih, merah, dan hijau. Cara mengonsumsi es selendang mayang adalah dengan dicampur santan dan saus gula, hampir mirip dengan es cendol. Jangan lupa, tambahkan es batu agar rasanya lebih segar.

Es doger

minuman khas daerah
Foto: instagram jacideeblacks

Berasal dari Garut, Jawa Barat, es doger terbuat dari es serut dari kelapa. Biasanya, warna es ini berwarna merah muda setelah diberi tambahan pewarna dan pemanis. Es doger disajikan dengan tambahan tapai singkong, ketan hitam, alpukat, dan sagu mutiara. Menyantap es doger di siang hari sangat menyegarkan, lho.

Es pisang ijo

minuman khas daerah
Foto: instagram foodishpedia

Melanglang ke Pulau Sulawesi, kita bisa mencicipi hidangan khas Makassar yang istimewa. Es pisang ijo atau es palu butung ini berbahan dasar pisang yang dibalut adonan tepung beras berwarna hijau. Disajikan dengan bubur gurih dan sirup khusus, es pisang ijo bisa obati dahagamu di siang terik.

Es oyen

minuman khas daerah
Foto: instagram bgdsociety

Di daerah Bandung, es oyen sangat populer sebagai minuman yang menyegarkan diminum di siang hari. Minuman ini terbuat dari campuran buah avokad, nangka, mangga, dan kelapa muda. Agar lebih manis, es oyen ditambahkan susu kental manis serta sedikit santan.

Es dawet jabung

minuman khas daerah
Foto: instagram tupaimakan

Es dawet jabung sebenarnya hampir mirip dengan es cendol kebanyakan. Minuman ini berisi dawet alias cendol yang kenyal dan berwarna hijau, dan disajikan dengan santan dan gula merah. Ciri khas minuman khas Ponorogo ini adalah ‘jabung’ yang merupakan ketan putih yang dibentuk bola dan ditambahkan pada minuman ini.

mencegah penyakit gagal ginjal

Pola Makan ini Bisa Bantu Cegah Gagal Ginjal

kota terbesar di Indonesia

Kenali 7 Kota Terbesar di Indonesia