in

Mirip Berarti Jodoh, Mitos Atau Fakta?

Coba cek pasangan kamu sekarang juga

mirip berarti jodoh
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Pernah dengar istilah ‘mirip berarti jodoh’? Selamat, berarti kamu masih tinggal di Indonesia. Namun ternyata, fenomena ‘mirip berarti jodoh’ nggak cuma berkembang di negara ini.

Pada 1987 silam, seorang peneliti dari University of Michigan mempelajari mitos yang banyak berkembang ini. Muncul suatu fenomena bahwa semakin lama durasi pernikahan seseorang, semakin banyak kemiripan yang terjalin di antara keduanya.

Tak hanya itu, muncul penelitian yang dilakukan oleh seorang psikolog bernama Justin Lehmiller. Penelitian yang ia lakukan mengungkapkan bahwa manusia memang tertarik dengan seseorang yang cenderung memiliki kemiripan dengannya.

Proses ‘memilih’ tersebut seringkali dilakukan secara tidak sadar. Kemiripan pun tak hanya sebatas fisik, tapi juga dalam hal hobi, sifat, dan sebagainya. Seseorang bahkan cenderung memilih pasangan berdasarkan atribut yang ada pada orangtuanya yang berbeda jenis kelamin.

Hal ini tidak lepas dari asumsi bahwa pada dasarnya manusia merasa lebih nyaman berada dekat sesuatu yang sudah familier baginya. Banyaknya kecocokan akan membuat dua orang tersebut merasa mudah akrab dan lebih mudah beradaptasi.

Salah satu penyebab orang tertarik dengan sosok lain yang mirip dengannya adalah karena visual exposure yang dialami. Semakin sering kita melihat sesuatu, kita akan semakin menyukainya. Bisa dibilang, manusia sudah melihat dirinya sendiri dalam waktu yang cukup lama melalui pantulan cermin. Itulah sebabnya kita cenderung menyukai orang dengan bentuk wajah, mata, rahang, alis, ataupun lainnya yang sama dengan diri sendiri.

Semakin lama, kemiripan satu sama lain yang sudah dimiliki sedari awal akan menguat seiring berjalannya waktu. Dari segi kebiasaan, misalnya, semakin lama pasangan akan memiliki sifat yang sama satu dengan lainnya.

Tak hanya secara tingkah laku, kemiripan juga akan terjadi pada wajah. Benarkah demikian? Konon, wajah sepasang suami-istri akan terlihat jauh lebih mirip ketika dibandingkan saat pertama kali menikah dengan foto-foto setelah bertahun-tahun, hingga puluhan tahun menikah, lho. Coba cek fotomu dan kekasihmu!

Tak perlu risau jika kini kamu sedang menjalin hubungan jarak jauh alias LDR (long distance relationship). Jarak yang jauh tak melulu pertanda bahwa kamu bukan jodoh. Begitu pula jika kini kamu sudah merasa bahwa kamu dan kekasihmu tidak memiliki kemiripan secara fisik sama sekali. Bukankah cinta tumbuh dari hati?

500 Days of Summer

Tim Tom atau Tim Summer, Kenang Lagi ‘500 Days of Summer’

memasak telur

Anak Kos Wajib Tahu: Tips Masak Telur dengan Sempurna