in ,

Mitos-mitos Populer di Indonesia

meskipun sudah modern, mitos ini masih sering dipercaya, loh!

mitos di Indonesia
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Di Indonesia ada kepercayaan yang berkembang karena cerita orangtua yang diturunkan secara turun-temurun atau biasa disebut sebagai mitos. Mitos merupakan kisah berlatar masa silam, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya dan dianggap sebagai cerita nyata bagi yang memercayainya. Meskipun sudah modern, hingga saat ini masih ada beberapa mitos di Indonesia yang masih dipercayai, lho!

Nah, ini dia mitos-mitos populer di Indonesia.

Anak perempuan harus bersih saat menyapu

Orangtua zaman dahulu sering mengatakan bahwa anak perempuan yang menyapunya tidak bersih bisa mendapatkan suami yang brewokan. Sebenarnya, jika dilogiskan kepercayaan ini seperti tidak ada kolerasinya antara cara menyapu dan jodoh yang akan didapatkan. Namun, kepercayaan ini sudah sangat populer di Indonesia. Mitos ini sebenarnya mengandung pesan yang baik, kalau sedang menyapu sebaiknya jangan tergesa-gesa biar hasilnya tidak berantakan.

Duduk di depan pintu akan sulit jodoh

Banyak orangtua yang melarang anaknya duduk di depan pintu karena bisa membuatnya sulit mendapatkan jodoh. Sebenarnya, maksud orangtua itu baik menegur anak laki-laki atau perempuannya yang duduk di depan pintu karena pintu memang bukan merupakan tempat duduk yang tepat. Kalau ada yang duduk, otomatis orang yang lewat akan merasa terganggu.

Tidak boleh menjahit di malam hari

Mitos yang berkembang di Indonesia selanjutnya adalah dilarang menjahit di malam hari. Orangtua menyebut kebiasaan ini sebagai pamali. Sebenarnya, larangan ini bertujuan menghindari seseorang terluka akibat jarum jahit karena malam hari pada zaman dahulu masih kurang penerangan. Dengan begitu, menjahit dalam keadaan gelap cukup berbahaya bagi diri sendiri. Sebaiknya, lakukan kegiatan menjahit di siang hari saat suasana sudah terang agar tidak tertusuk jarum atau terlilit benang.

Dilarang keluar saat magrib

Kamu pasti tahu kan sama mitos ini, kalau magrib sebaiknya jangan berada di luar rumah. Apalagi untuk anak kecil, katanya bisa diculik oleh wewe gombel. Waktu magrib merupakan pergantian antara siang dan malam. Dalam Islam, magrib seharusnya digunakan sebagai waktu untuk beribadah, apalagi durasi magrib sangat sebentar sehingga proses ibadah tidak bisa ditunda-tunda.

 

 

makanan khas padang

Makanan Khas Padang yang Wajib Kamu Coba!

kesalahan pemasaran

Kesalahan Pemasaran yang Membuat Iklan Menjadi Tidak Menarik