in

Moms, Begini Tips Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Mengatasi Kaki Bengkak
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Beragam keluhan akan dialami oleh Moms yang sedang hamil, terutama saat baru pertama kali hamil. Morning sickness, sembelit, dan kaki bengkak adalah hal yang sangat biasa terjadi. Ngobrolin.id akan berbagi tips untuk Moms mengatasi kaki bengkak saat hamil. Begini caranya.

Penting banget buat Moms pakai alas kaki yang nyaman. Saat sedang hamil, otomatis Moms tidak hanya membawa beban badan Moms sendiri, tapi juga berat beban si buah hati. Oleh karena itu, alas kaki yang nyaman sangat dianjurkan untuk digunakan pada kehamilan agar tidak cepat lelah.

Jangan paksakan kaki bekerja terlalu berat. Hal ini penting karena kondisi kaki yang lebih mudah lelah daripada biasanya.

Jika perlu, tak ada salahnya memanjakan diri dengan spa kaki sekali-sekali. Spa kaki bisa mengurangi pegal-pegal dan kaki bengkak. Aroma terapi juga membantu merilekskan pikiran.

Berbaring dengan posisi kaki lebih tinggi juga patut dicoba. Cari sofa atau tempat tidur yang nyaman untuk berbaring. Jika tidak ada bantalan, Moms bisa pakai apa saja untuk ditumpuk. Berikan bantal bagian atasnya agar kaki tidak sakit.

Gerakkan pergelangan kaki dengan gerakan memutar selama beberapa kali dalam sehari. Jika rutin melakukan ini, akan membantu mengurangi kaki bengkak. Gerakan memutar ini juga bisa membantu melemaskan otot-otot kaki.

Jika Moms merupakan wanita karier, atau Moms masih bekerja ketika hamil, salah satu saran yang patut diterapkan adalah bekerja sambil duduk dengan posisi kaki diangkat sesering mungkin. Pegal-pegal dan kaki bengkak bisa berkurang jika Moms rutin melakukan ini.

Terakhir, hindari penggunaan obat untuk memperlancar berkemih. Obat tersebut bisa mengurangi pegal kaki. Namun, efek samping yang ditimbulkan adalah obat tersebut tidak baik bagi kesehatan janin.

Seiring besarnya janin yang dikandung, Moms harus sering-sering beristirahat ya. Selain agar tidak cepat lelah, juga untuk meringankan beban pikiran juga. Jika Moms senang dan tenang, bayi yang ada di kandungan juga berpotensi sehat lebih besar.

Selamat beraktivitas, Moms!

bikin toner sendiri

Bikin Toner Sendiri dari Bahan Mentimun

Angsa & Serigala

Makna Nama Bagi Grup Band Angsa & Serigala