in

Moms, Ini Jenis Imunisasi di Atas Usia Satu Tahun

jenis imunisasi
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Moms pasti tahu, dong, jika berbagai jenis imunisasi harus diberikan untuk memberi kekebalan pada tubuh sehingga bayi dan anak terhindar dari penyakit. Ada beragam imunisasi yang harus diberikan ketika anak masih balita.

jenis imunisasi
Foto: pixabay

Imunisasi MMR

Imunisasi MMR merupakan upaya untuk mencegah penyakit measles (campak), mumps (gondong), dan rubella (campak Jerman). Pemberian imunisasi ini sangat penting, lho, Moms. Anak mulai diberikan imunisasi ini ketika berumur satu setengah tahun atau 18 bulan.

Gejala campak dimulai dengan demam tinggi disertai batuk dan pilek. Bisa pula ditemui gejala muntah dan diare, dan si kecil akan tampak seperti sakit yang sangat berat.

Gejala berikutnya mulai muncul ruam merah dari wajah, kemudian seluruh tubuh. Mata berair dan memerah, serta bibir kering dan pecah-pecah. Demam tinggi bisa mengakibatkan kejang.

Bahaya dari campak adalah dapat menimbulkan komplikasi pada paru, otak, dan dapat menyebabkan kematian.

Gejala penyakit rubella adalah demam ringan kemudian muncul ruam merah di wajah dan seluruh tubuh. Kemudian, terjadi pembesaran pada kelenjar getah bening.

Imunisasi DPT 4

Imunisasi ini diberikan ketika usia anak mencapai delapan belas bulan dan merupakan lanjutan dari imunisasi DPT. DPT adalah singkatan dari difteri, pertussis, dan tetanus. Ketiga penyakit tersebut berisiko tinggi menyebabkan kematian.

Imunisasi Polio 4

Sama seperti imunisasi-imunisasi yang lain, kali ini pemberiannya dilakukan saat anak mencapai usia delapan belas bulan. Imunisasi ini merupakan lanjutan dari imunisasi polio yang sudah dilakukan sebelumnya.

Polio merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus polio. Virus ini menyerang bagain tubuh bagian sistem saraf pusat dan menyebabkan nyeri atau merusak saraf motorik.

Akibat yang ditimbulkan dari rusaknya saraf motorik adalah kelumpuhan otot sehingga tidak mampu menggerakkan tungkai atau bagian tubuh yang lain.

Imunisasi Hib 4

Terakhir, imunisasi ini diberikan untuk mencegah penyakit TBC atau tuberkulosis. Diberikan saat anak mulai menginjak bulan ke delapan belas.

Penyakit TBC merupakan penyakit menular dan mematikan. Disebabkan oleh mikrobakteria, umumnya penyebab TBC adalah Mycobacterium tuberculosis atau disingkat MTb. Penyakit ini menyerang paru-paru.

TBC menyebar melalui udara dan dapat menular ketika penderita batuk bersih, atau menyebarkan butiran ludah melalui udara. Bila TBC tidak diobati, lebih dari 50 persen orang yang terinfeksi dapat meninggal dunia.

Jadi, Moms jangan lupa untuk memberikan empat imunisasi penting pada si kecil, ya.

LDR

Tahu Gak? Ini 5 Alasan LDR Bikin Hubungan Kamu Rawan Putus

media sosial

Jangan Unggah Dokumen Ini di Media Sosial Milikmu