in ,

Moms, Ini Panduan Membawa Si Kecil ke Bioskop

Boleh ga sih bawa anak kecil ke dalam bioskop?

membawa anak ke bioskop
foto: unsplash

Ngobrolin.id — Menonton di bioskop menjadi salah satu jenis hiburan yang biasanya dipilih oleh masyarakat. Tak jarang, sebagian dari mereka yang sudah memiliki anak merasa dilema karena ragu apakah membawa anak ke bioskop baik atau tidak. Terlebih lagi, banyak pengguna media sosial yang mengeluhkan kehadiran anak kecil di dalam bioskop karena tidak bisa diam.

Sebenarnya boleh gak sih Moms bawa anak ke bioskop? Dilansir dari Beauty Journal by Sociolla banyak ibu yang lebih memilih untuk tidak membawa anak ke bioskop. Keputusan tersebut sudah mereka pikirkan masak-masak dengan mempertimbangkan beberapa faktor kondisi dalam bioskop yang tidak ramah bagi anak di bawah umur.

Suara dalam bioskop tidak ramah bagi perkembangan anak-anak. Anak yang masih di bawah umur masuk ke bioskop berpotensi mengalami gangguan pendengaran, bahkan gangguan tersebut bisa bersifat permanen jika para orangtua tidak perduli terhadap hal ini.

Gangguan tersebut disebabkan sistem suara dalam bioskop umumnya mengeluarkan volume hingga 85 desibel (dB). Volume tersebut pun untuk percakapan standar. Kebayang kan Moms jika ada efek suara dentuman atau sang aktor berteriak yang sewaktu-waktu datang akan menjadi sekeras apa suaranya.

Dilansir dari HelloSEHAT, dokter anak Ahed Bisharat memaparkan jika suara di atas 85 dB sangat berbahaya untuk telinga bayi yang masih memiliki indra pendengaran yang sensitif. Terlebih, pada beberapa aksi tertentu volume bisa meningkat hingga melebihi 100 dB. Volume di atas 100 dB yang didengar bayi selama 15 menit akan membuat gangguan pendengaran permanen pada anak.

Anak-anak baru bisa diajak menonton ke bioskop ketika mereka sudah siap secara mental dan fisik, lho, Moms. Mental anak juga harus diperhatikan. Pasalnya, anak kecil masih belum memahami mana yang benar dan salah.

Anak kecil cenderung aktif dan tidak bisa duduk diam. Jika Moms ingin mengajak si kecil ke bioskop, pastikan terlebih dahulu ia bisa duduk dan menikmati film. Jika tidak, jangan paksakan.

Selain itu, tidak semua film yang diputar di bioskop ramah untuk si kecil. Bahkan, terkadang film kartun yang notabene menggemaskan dan cocok untuk anak memiliki jalan cerita yang belum pantas untuk disaksikan oleh mereka.

Jadi, sebelum membawa si kecil ke bioskop, Moms sudah harus memastikan bahwa kondisi anak sudah siap secara fisik, mental, dan film yang sesuai. Jangan memaksakan karena ingin menonton film favorit Moms tetap mengajak anak. Padahal, dalam film tersebut terdapat adegan yang tidak patut untuk ditonton oleh anak kecil. Apalagi saat anak sudah merasa tidak nyaman.

lagu yura yunita

5 Lagu Yura Yunita untuk Kamu yang Lagi Patah Hati

lagu nina bobo

Cerita Horor di Balik Lagu Nina Bobo