in ,

Moms, Ini Tips Antistres Saat Temani Anak Belajar Daring di Rumah

kalau salah caranya malah bikin stress, lho!

anak belajar di rumah
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Selama masa pandemi Covid-19 anak harus bersekolah dari rumah via daring (online), banyak orangtua yang mengaku kewalahan saat harus menemani anaknya belajar setiap hari. Bahkan, sudah banyak kasus orangtua yang lepas kontrol saat menemani anak belajar di rumah. Duh, jangan sampai terjadi ya, Moms. Jangan biarkan rasa penyesalan itu datang belakangan.

Memang tidak mudah menemani anak belajar di rumah, apalagi dengan harus mengerjakan pekerjaan lain yang menumpuk. Berikut ini beberapa tips agar tidak stres saat menemani anak belajar di rumah.

Buat jadwal bersama si kecil

Membuat jadwal seluruh kegiatan rutin dalam satu hari bersama si kecil bisa menjadi ajang diskusi bersama anak. Dengan mendiskusikan jadwal untuk bermain, belajar, tidur, makan, dan lain-lain bersama si kecil akan membuat mereka lebih mudah menerima aturan yang sudah ditetapkan. Ajak diskusi untuk menentukan waktu yang tepat dengan suasana yang santai.

Berikan pengertian dengan cara yang halus jika si kecil memilih pilihan yang kurang tepat. Misalnya, tidak mau mandi pagi saat akan belajar via daring karena hanya di rumah. Moms bisa memberikan pemahaman secara halus tentang betapa pentingnya mandi di pagi hari meski tidak ke sekolah.

Sediakan ruang yang nyaman untuk belajar

Anak-anak sangat mudah terdistraksi oleh hal-hal kecil, apalagi ketika dia merasa tidak tertarik dengan hal utama. Oleh karena itu, sediakan ruangan yang bisa digunakan untuk belajar, tidak perlu besar dan mewah, cukup ruangan yang nyaman dan bisa menjauhkan anak dari distraksi seperti handphone yang banyak game, televisi, atau suara lainnya yang bisa memecah konsentrasi.

Namun, karena saat ini seluruh pelajaran diajarkan via daring dan menggunakan handphone, Moms bisa men-silent notifikasi dari hal-hal yang dirasa bisa mengganggu, seperti media sosial atau game.

Kenali karakter anak dalam belajar

Tiap orang memiliki caranya tersendiri dalam belajar. Ada yang senang memerhatikan secara visual, ada yang lebih tertarik mendengarkan, dan ada juga yang lebih mudah menyerap informasi melalui aktivitas. Terkadang, si kecil pun tidak bisa konsisten dengan satu metode pembelajaran. Misal, ketika mereka terlihat ingin bergerak, ajak mereka belajar sambil bergerak.

Proaktif menghubungi guru pendamping

Moms harus lebih sering menghubungi guru pendamping, memberikan laporan mengenai perkembangan belajarnya di rumah. Selain itu, Moms bisa meminta masukan atau sharing dengan guru pendamping saat sedang mumet.

Mengikuti pelatihan

Belajar merupakan hal wajib yang harus dilakukan sepanjang hayat, termasuk ketika sudah menjadi ibu. Kalau Moms merasa masih kurang andal dalam mendampingi anak saat belajar di rumah, sebaiknya cari perkumpulan atau kelas parenting.

 

 

 

uji coba vaksin

Ridwan Kamil Jadi Relawan Uji Coba Vaksin, Kini Sudah Masuk Tes Ke-3!

mengeluh

Apakah Mengeluh Itu Wajar?