in

Moms, Lakukan Ini Jika Anak Mengalami Perundungan di Lingkungannya

Beri perlindungan pada si kecil ya Mom

anak mengalami perundungan
foto: freepik

Ngobrolin.id — Sebagai orangtua, tentu kita menginginkan yang terbaik bagi anak. Sayangnya, lingkungan tumbuh kembang si kecil bukan hanya keluarga. Sekolah, lingkungan sekitar, dan tempatnya bermain juga membentuk karakternya. Bisa saja, anak mengalami perundungan di lingkungan tersebut. Lantas, apa yang harus dilakukan oleh orangtua jika hal itu terjadi?

Jika Moms mengetahui si kecil tidak sedang baik-baik saja, sebaiknya segera tanyakan padanya tentang kondisi yang ia alami. Terkadang, anak dengan polosnya bercerita tentang kejadian yang ia alami. Namun, tidak semua anak akan melakukannya.

Moms dapat melihat perubahan sikap pada si kecil. Jika Moms mencurigai ada sesuatu, segera tanyakan dan ajak si kecil untuk berani bercerita. Terlepas dari kasus perundungan yang dialami anak, sebaiknya Moms tetap menyempatkan waktu untuk bertanya kejadian apa pun yang ia alami tiap harinya, baik di sekolah maupun lingkungan sekitar.

Saat anak mulai bercerita tentang apa yang ia alami, jangan sekalipun memotong penjelasan anak. Jangan langsung menuduh anak bercerita bohong. Tetap dengarkan dan sebisa mungkin Moms membuatnya merinci kejadian tersebut.

Menjadi pendengar yang baik bagi anak memang butuh kesabaran ekstra. Moms harus sabar saat mendengarkan anak tiba-tiba menghentikan penjelasannya. Biarkan dia merasakan emosi yang ia keluarkan, baik itu marah, sedih, maupun takut. Beri jeda dan biarkan dia bercerita lagi.

Sekolah dengan pengawasan yang baik akan membantu murid untuk tumbuh tanpa adanya tindakan perundungan. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan kasus ini terus terjadi karena faktor kelalaian pihak sekolah.

Beri tahu sekolah atas apa yang menimpa si kecil. Sebelumnya, Moms harus memastikan telah mendapat informasi yang benar, lengkap, dan terperinci. Informasi ini berguna untuk membela anak ketika harus berurusan dengan pihak lain.

Informasi yang benar tentu didapatkan dengan cara yang tidak mudah. Moms harus percaya kepada si kecil, tapi tetaplah merasa curiga jika ia menceritakan kejadian yang tidak masuk akal. Jangan sampai Moms terlalu bersemangat membela si kecil yang ternyata hanya butuh perhatian dari orangtua.

Terakhir, lakukan pemulihan trauma yang mungkin saja dialami oleh anak. Trauma pada anak yang mengalami perundungan agak sulit dihilangkan dan bisa jadi membekas dalam ingatannya. Jangan segan untuk pindah sekolah dan menghubungi psikolog terdekat jika memang benar-benar diperlukan.

 

sifat sahabat

Punya Sahabat Seperti Ini? Pertahankan dan Jangan Lepaskan!

pasta carbonara

Pasta Carbonara Dijamin Juara Jika Kamu Buat Seperti Ini