in

Moms, Perhatikan Tanda-tanda Anak Jadi Korban Bully di Sekolah

ketahui secepatnya agar moms bisa membantu menyembuhkan lukanya

anak jadi korban bully
foto: pixabay

Ngobrolin.idBully atau perundungan kini menjadi topik hangat yang sedang dibicarakan dan dikecam oleh banyak pihak. Pasalnya, kasus bully dari hari ke hari masih saja tetap terjadi, padahal sudah banyak kasus bully yang menelan korban. Moms, sebagai orang yang terdekat dengan anak harus peka dengan tanda-tanda anak menjadi korban bully di sekolah secepat mungkin.

Tanda-tanda anak menjadi korban bully biasanya ditunjukkan secara langsung ataupun tidak langsung. Berikut ini beberapa gejala yang ditimbulkan dari anak yang menjadi korban bully di sekolah.

Sering membuat alasan bolos

Moms, sebaiknya cari tahu alasan mengapa anak sering meminta bolos sekolah tanpa alasan yang jelas. Terlebih, saat ia mulai membuat alasan palsu, seperti sakit perut, pusing, dan sebagainya.

Tidak menyukai aktivitas di sekolah dan mengurung diri di kamar

Memang sifat serta ketertarikan setiap anak berbeda-beda, ada yang senang bermain di luar dan ada yang lebih senang di dalam rumah. Namun, jika anak cenderung menarik diri dari keramaian serta menjauhi aktivitas keseluruhan, seperti ekskul di sekolah.

Sulit tidur dan tidak fokus di kelas

Anak yang mengalami kejadian buruk di sekolah akan menjadi murung serta menurunkan semangat dan motivasinya. Akhirnya, menyebabkan si anak menjadi sulit tidur karena tidak bersemangat dan merasa tertekan atau takut. Selain itu, anak menjadi tidak fokus saat belajar di kelas. Moms dan guru harus lebih peka mengapa anak tidak bisa fokus belajar.

Tampak lesu dan kehilangan kepercayaan diri

Dilansir dari id.theasianparent.com, salah satu ciri-ciri anak kena bully adalah munculnya perubahan perilaku anak ke arah negatif, seperti mudah marah, cepat tersinggung, lesu, bahkan tidak memiliki kepercayaan diri.

Apabila Moms sudah menemukan beberapa gejala di atas pada si kecil, sebaiknya lakukan komunikasi dengan anak secara perlahan-lahan agar anak mau jujur kepada Moms perihal kondisinya saat ini. Moms bisa memulai dengan menanyakan bagaimana harinya atau menjadi pendengar yang baik untuknya. Tunjukkan jika Moms sangat tertarik dengan ceritanya agar ia merasa percaya untuk menceritakan permasalahannya.

petualangan sherina

Sekuel Film Petualangan Sherina akan Rilis?

GoPay

Kamu Bisa Bayar Berbagai Kebutuhan lewat GoPay