in

Moms, Ternyata Ini Alasan Anak Sulit Tidur

Cari tahu dan temukan solusinya

alasan anak sulit tidur
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Di malam hari, anak kecil sering kali mengalami kesulitan untuk tidur. Padahal, mereka sudah beraktivitas selama satu hari dan melakukan banyak kegiatan yang menguras tenaga. Tenang, Moms. Ternyata, ini alasan anak sulit tidur di malam hari. Yuk, bantu anak agar dapat tidur teratur dan memperoleh waktu istirahat yang efektif.

Ternyata, kelelahan bukanlah satu-satunya alasan si kecil mudah terlelap di malam hari. Justru bila anak terlalu lelah, hal ini akan membuatnya lebih sulit tidur. Di malam hari, anak yang terlalu lelah justru akan rewel karena hormon adrenalin yang masih bekerja.

Cara mengatasi hal ini adalah dengan menciptakan suasana tidur yang tenang bagi si kecil. Matikan lampu utama yang terlalu terang dan gunakan lampu tidur dengan pencahayaan yang lebih temaram. Selain itu, Moms bisa gunakan aroma terapi untuk membuat suasana lebih tenang.

Kebalikannya, anak yang tidak banyak beraktivitas biasanya juga akan lebih sulit untuk terlelap. Mereka tidak merasakan kelelahan dan tidak butuh istirahat di malam hari.

Mengatasi hal ini, Moms dapat membantu anak agar di siang hari melakukan aktivitas-aktivitas menyenangkan yang dapat menguras energi mereka. Bermain dan melakukan kegiatan fisik secara cukup dapat membantu anak merasa lebih rileks di malam hari dan butuh istirahat segera.

Selain itu, Moms dapat menentukan waktu tidur yang tepat untuk si kecil. Waktu tidur ini sebaiknya dilakukan secara konsisten, ya. Sebab, anak akan kesulitan untuk menyesuaikan kembali jadwal tidurnya dengan aktivitas lainnya.

Misalnya, ajarkan si kecil untuk tidur tepat waktu setiap pukul 9 malam. Untuk itu, hindari melakukan tidur terlebih dahulu pada waktu sore atau petang hari. Jika anak sudah terbangun pada pukul 8 malam, akan lebih sulit untuk mengajaknya kembali tidur di waktu-waktu berikutnya.

Alasan anak sulit tidur lainnya adalah mengalami mimpi buruk. Anak yang mengalami mimpi buruk, terutama secara terus-menerus akan lebih sulit diajak tidur karena ia akan ketakutan dengan mimpinya.

Moms dapat mengulik hal ini dengan bertanya secara baik-baik. Jangan langsung memarahi atau mengomeli anak yang tidak tidur tepat waktu, ya. Lakukan diskusi hangat dengannya dan yakinkan bahwa hal tersebut hanyalah mimpi buruk yang wajar dialami oleh siapa saja.

Buat anak nyaman untuk menceritakan mimpinya tersebut. Terakhir, Moms dapat berdoa bersama dengan anak sebelum tidur dan menemaninya hingga benar-benar terlelap. Jadi, si kecil pun tidak akan merasa benar-benar sendiri untuk tidur.

cara memilih bumbu kering

Suka Memasak dengan Bumbu Kering? Coba Praktikkan Cara Ini

Traveling di Kota Solo

Traveling Hits di Kota Solo, Jadi Kapan Ke Sini?