in ,

Monkey Pox Alias Cacar Monyet, Seperti Apa Penyakitnya?

Sudah dengar penyakit cacar monyet? Penyakit ini belum pernah ada di Indonesia, lho.

cacar monyet adalah
Foto: pixabay

Ngobrolin.id—Banyak menjadi perbincangan, sebenarnya apa sih cacar monyet itu? Monkey pox atau cacar monyet adalah penyakit yang ditularkan oleh hewan kepada manusia. Hingga kini, penyakit cacar monyet tidak memiliki pengobatan yang spesifik.

Penyakit cacar monyet belum pernah ditemukan di Indonesia. Dengan demikian, virus ini merupakan baru di negara kita. Virus ini sendiri menjadi perbincangan hangat setelah ditemukannya seorang penderita cacar monyet di Singapura pada Rabu (8/5).

Penderita merupakan seorang WNA berkewarganegaraan Nigeria berusia 38 tahun. Pria tersebut terbang ke Singapura dan kini menempati ruang isolasi di National Centre for Infectious Diseases (NCID).

Virus penyebab cacar monyet sama dengan virus yang menyebabkan chicken pox, yaitu berasal dari jenis virus Variola.

Cacar monyet adalah penyakit langka. Di Afrika bagian tengah dan barat, virus ini ditularkan dari hewan kepada manusia. Manusia bisa terinfeksi jika melakukan kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi.

Selain monyet, salah satu hewan yang rawan menjadi inang virus ini adalah tikus. Tupai dan primata lain juga bisa jadi inang virus cacar monyet.

Penularan juga kemungkinan terjadi antarmanusia. Penularan ini bisa terjadi melalui kontak darah, cairan tubuh, dan luka terbuka. Konsumsi daging yang terinfeksi virus juga bisa jadi salah satu penyebab tertularnya cacar monyet.

Gejala cacar monyet hampir mirip dengan cacar pada umumnya. Penderita akan mengalami demam tinggi, nyeri otot, dan sakit kepala. Kemudian, akan timbul ruam-ruam pada kulit.

Gejala yang mungkin diderita adalah pembesaran kelenjar getah bening. Gejala ini hanya bisa ditemui pada cacar monyet dan tidak ditemui pada cacar jenis lainnya.

Penyakit cacar monyet bisa sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu tertentu. Jangka waktu tersebut bisa terjadi selama dua hingga tiga minggu.

Selama terjangkit cacar monyet, penderita harus mendapat kecukupan cairan, nutrisi, dan kebutuhan lainnya.

Pencegahan masuknya virus ini masih sangat mungkin dilakukan. Salah satu caranya dengan cuci tangan dengan sabun dan pembatasan kontak dengan hewan primata yang terinfeksi virus.

 

kulit wajah kering saat puasa

Kulit Wajah Kering Saat Puasa? Ini Solusinya!

cara menghias pot sederhana

Cara Menghias Pot Sederhana Agar Lebih Cantik!