in , ,

Mugwort, Tanaman yang Banyak Digunakan pada Skincare Korea

Siapa yang sudah pernah mencoba?

mugwort
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Kamu ingat dengan aloevera dan snail mucin yang sempat terkenal sejak banyak produk skincare Korea yang menggunakannya sebagai bahan baku utamanya? Hal serupa kembali terjadi pada tanaman mugwort yang mulai dikenal oleh publik sejak produk skincare Korea menggunakan tanaman ini sebagai bahan baku pembuatannya.

Orang Korea menyebut mugwort dengan sebutan ssuk. Tanaman ini merupakan herbal sejenis teh yang sudah cukup lama digunakan dalam pengobatan tradisional, perawatan kulit, dan kuliner di Korea Selatan.

Dalam pengobatan tradisional, mugwort digunakan sebagai penghangat dan mampu meningkatkan sirkulasi, meredakan nyeri otot, dan melancarkan sirkulasi haid. Tanaman mugworts juga sering digunakan sebagai tambahan bahan di pemandian Korea untuk memberikan efek relaksasi pada tubuh.

Tanaman mugwort mengandung senyawa antibakteri, antijamur, dan antiradang. Selain itu, tanaman ini juga kaya berbagai vitamin dan antioksidan yang dapat memperkuat lapisan pelindung kulit. Kulit manusia tersusun dari beberapa jenis protein, yakni filaggrin dan loricrin. Kedua protein tersebut sangat dipengaruhi oleh gen tertentu yang ada di dalam tubuh. Jika produksi gen tersebut menurun, kulit menjadi kering dan sensitif.

Dilansir dari alodokter.com, ekstrak mugwort dapat mengaktifkan gen yang memproduksi filaggrin dan loricrin sehingga lapisan pelindung kulit tetap kuat. Efek tersebut juga dapat melindungi kulit dari keluhan gatal akibat eksim ataupun reaksi terhadap alergi.

Untuk kulit, tanaman ini mampu meredakan rasa gatal yang diderita setelah terjadi luka bakar, meredakan radang pada kulit, kemerahan, menutrisi kulit, membantu proses pemulihan, dan berbagai masalah kulit lainnya.

Tanaman mugwort yang digunakan dalam produk masker wajah berfungsi meredakan masalah kulit, melembapkan kulit, dan membersihkan pori-pori.

Meskipun tanaman herbal ini memiliki banyak manfaat, kamu perlu tahu bahwa mugwort dapat menimbulkan efek samping bagi orang-orang yang sensitif terhadap beberapa bahan aktif. Biasanya, orang yang sensitif dengan apel, persik, seledri, wortel, dan bunga matahari juga akan sensitif dengan mugwort.

Maka, sebelum kamu menggunakan produk skincare berbahan dasar mugwort, sebaiknya lakukan uji coba terlebih dahulu untuk melihat adakah reaksi alergi atau tidak.

9 Bulan

Sinopsis 9 Bulan, Kisah Kawin Kontrak yang Dibalut Komedi

5G dan 4G

Biar Kamu Tahu, Ini Perbedaan antara 5G dan 4G