in ,

Mulai Banyak Pantai yang Menerbitkan Larangan Pakai Sunscreen, Kenapa Ya?

lalrangan pakai sunscreen
foto: Pixabay

Ngobrolin.id Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan efek samping. Selama ini sunscreen selalu digunakan sebelum berkegiatan di luar ruangan, apalagi ketika pergi ke pantai. Namun, tahukah kamu sudah ada beberapa pantai yang menetapkan larangan pakai sunscreen.

Sunscreen atau tabir surya memang berguna melindungi kulit dari risiko penyakit kanker. Namun, tabir surya juga bisa mengganggu keseimbangan ekosistem di laut.

Seorang penyelam bernama Autumn Blum melihat pelangi ketika berada di bawah air. Ternyata, pelangi tersebut merupakan kilau minyak dari sekelompok penyelam yang menggunakan sunscreen berbahan kimia berbahaya untuk lingkungan laut.

Belum lama ini Thailand telah resmi mengeluarkan larangan pakai sunscreen yang mengandung bahan kimia karena dapat merusak terumbu karang dari taman nasional di lautnya. Dengan begitu, wisatawan yang mau snorkeling dan surfing di pantai tidak boleh menggunakan sunscreen.

Kebijakan tersebut diambil setelah banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ke negara tersebut, khususnya ke destinasi wisata lautnya. Sunscreen yang digunakan oleh wisatawan dikhawatirkan merusak karang.

Dilansir dari kumparan.com, tabir surya yang dilarang adalah yang mengandung oxybenzone, octinoxate, 4-methylbenzyllidene camphor, atau butylparaben. Berdasarkan hasil penelitian, tabir surya yang mengandung bahan tersebut dapat merusak terumbu karang, menghancurkan larva, menghalangi sistem reproduksi, dan menyebabkan pemutihan terumbu karang.

Berdasarkan hasil penelitian, kerusakan yang disebabkan oleh sunscreen bersifat permanen pada pertumbuhan bulu babi. Berdasarkan riset Downs pada 2015, kandungan oxybenzone terbukti mengakibatkan efek yang buruk pada larva karang.

Wisatawan yang terbukti menggunakan tabir surya berbahan kimia oxybenzone akan didenda sebesar 100 ribu bath atau setara Rp43 juta. Namun, larangan tersebut masih dalam tahap pengembangan sehingga belum ada penjelasan secara detail mengenai implementasinya.

Selain Thailand, sudah ada beberapa destinasi wisata lainnya yang menerapkan larangan pemakaian sunscreen, seperti Pulau Pasifik dan Hawai. Melansir dari liputan6.com, Hawai sudah menetapkan larangan tersebut sejak awal Januari 2021, pada 2018 pembatasan sudah mulai dilakukan pada beberapa tabir surya dengan bahan tertentu.

tes sinonim antonim

Tips Menghadapi Tes Verbal Sinonim Antonim

terowongan casablangka

Urban Legend Terowongan Casablanca, Konon Harus Bunyiin Klakson!