in ,

Mulai Tergiur dengan Cuan Investasi yang Besar? Ingat Prinsip 2L!

Jangan sampai buntung di akhir ya, bund

prinsip 2l
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Siapa sih yang gak tergiur dengan keuntungan investasi yang besar, tetapi bagi pemain investasi lama hal tersebut bukan menjadi barang baru yang menarik. Janji keuntungan yang besar tersebut sering menjerat para pemula yang masih belajar di dunia investasi, apalagi jika ditambah iming-iming rendah risiko. Sebelum tergiur makin jauh, sebaiknya kamu mengingat prinsip 2L, yaitu legal dan logis.

Setiap kali kamu mendapatkan tawaran atau ingin memilih produk investasi, kamu perlu menerapkan prinsip 2L agar tidak mudah tergiur dan terhindar dari kasus penipuan.

Legal

Kamu harus mengetahui status legalitas dari tawaran produk invetasi yang akan diambil, apakah sudah berizin atau belum. Legalitas produk investasi dapat diketahui dengan menghubungi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau membuka portal OJK, biasanya di dalamnya memuat informasi mengenai entitas yang legal dan nonlegal.

OJK sering membuat laporan secara berkala mengenai entitas yang nonlegal guna menghindari kasus penipuan semakin membesar. Nah, kamu gak boleh males untuk research terlebih dahulu sebelum berinvestasi, ya! Biar ujung-ujungnya gak buntung.

Logis

Setelah produk investasi yang kamu gunakan sudah memiliki status legal, langkah kedua yang perlu dilakukan adalah menerapkan prinsip logis untuk mempertimbangkan keuntungan yang didapatkan layak atau tidak.

Jangan sampai terjerumus pada embel-embel untung tinggi tanpa risiko karena justru hal tersebut perlu kamu waspadai.

Pada umumnya, investasi yang legal tidak akan menawarkan keuntungan yang besar tanpa risiko yang besar juga. Karena pada dasarnya, semakin besar keuntungan malah akan semakin besar juga risiko yang kemungkinan harus ditanggung.

Maka, penting untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya ketika kamu ingin berinvestasi agar dapat terhindar dari hal buruk yang kemungkinan besar akan menimpa.

Saat ini invetasi ilegal masih marak berkeliaran di dunia maya seperti media sosial. Terkadang, mereka juga mencantumkan logo OJK untuk mengelabui masyarakat sehingga terkesan sebagai entitas legal dan sudah terdaftar. Kalau kamu menemukannya, sebaiknya segera lapor ke OJK untuk diproses lebih lanjut lagi.

ekspektasi

Trik Mengendalikan Ekspektasi agar Tidak Ketinggian

hijab putih

Tips Antikusam Saat Memakai Hijab Putih