in

Naif, Masih Sukses Setelah Lebih dari Dua Dekade

Grup musik Naif
Foto: instagram

Ngobrolin.id Grup musik Naif emang terbukti jadi salah satu band paling digemari di Indonesia. Lebih dari dua dekade berkarya, keempat personil Naif nggak pernah kehilangan tepuk tangan penggemarnya. Band bergenre pop itu bahkan semakin melegenda karena karya-karyanya yang masih didengar hingga sekarang.

Naif pertama kali dibentuk pada 22 Oktober 1995 di Jakarta. Awalnya, band ini diawaki lima personil. Kelima orang tersebut adalah Emil di posisi bass, David di posisi vokal, Jarwo di posisi gitar, Pepeng di posisi drum, dan Chandra di posisi keyboard.

Mereka berlima kerap berkumpul mengerjakan tugas kuliah bersama. Maklum, kelimanya adalah mahasiswa Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Nama Naif sendiri diambil dari pernyataan Dodot, teman mereka, yang menilai lagu Naif sederhana namun terdengar harmonis.

Sebelum menapaki kesuksesan, grup band ini sempat mengalami pasang surut karier. Karya mereka pernah ditolak oleh produser pada awal-awal perjalanan musik mereka. Namun, alih-alih diterima dalam album kompilasi bersama penyanyi lainnya, mereka justru diorbitkan sendiri sebagai sebuah band.

Album debut grup ini diluncurkan pada 1998. Saat itu, lagu Mobil Balap juga dirilis sebagai single. Setelah itu, mereka semakin aktif mengeluarkan karya-karya terbaik mereka. Sebut saja dengan Jangan Terlalu Naif yang rilis pada 2000 dan Titik Cerah dua tahun kemudian.

Delapan tahun meniti karier, Naif harus melepaskan Chandra. Hal ini karena keyboardis yang satu itu hendak melanjutkan kariernya sesuai bidang akademis yang ditekuninya. Chandra memang berkuliah di jurusan desain grafis.

Dengan kosongnya posisi keyboardis, Naif tetap melanjutkan karier bermusik mereka dengan kembali mengeluarkan album The Best (2005). Tak lama, album Retropolis juga dirilis di tahun yang sama. Dua tahun kemudian, album Televisi meledak dengan single bertajuk Di Mana Aku Di Sini.

Tahun berikutnya, Naif kembali merilis album Let’s Go. Terakhir kali album baru dikeluarkan adalah pada 2011. Album berjudul Planet Cinta tersebut kembali diminati para penggemarnya.

Hingga kini, mereka menjadi salah satu dari sedikit sekali grup band yang tetap berkarya tanpa mengganti satupun personil. Mundurnya Chandra, tak membuat keempat anggota yang lain ingin menggantikan posisinya. Mereka tetap aktif berkarya hingga kini.

Kini, lama tak terdengar dengan album baru, nyatanya Naif masih eksis di panggung hiburan. Mereka masih sering mengisi berbagai acara.

 

Batuk pilek dan flu

Kenali Beda Batuk Pilek dan Flu

Shawn Mendes The Tour Asia

Tur Shawn Mendes, September Siap Guncang Jakarta