in

Nama Baru Bandara Yogyakarta Sudah Dirilis, Lho!

Nama tersebut menggunakan bahasa Indonesia, lho.

Nama baru bandara Yogyakarta
Foto: pixabay

Ngobrolin.idNama baru bandara Yogyakarta sudah dirilis, lho. Sertifikat bandar udara (SBU) untuk bandara tersebut sudah dirilis oleh Kementerian Perhubungan pada Jumat (26/4). SBU tersebut telah dirilis dengan Nomor 149/SBU-DBU/IV/2019.

Nama yang dilansir adalah Bandara Internasional Yogyakarta atau disingkat BIY. Nama ini sendiri berbeda dengan yang selama ini digaungkan, yaitu New Yogyakarta International Airport atau NYIA.

Dilansir dari bisnis.tempo.co, penamaan tersebut dinilai tidak sesuai dan disinggung oleh Ombudsman. Anggota Ombudsman yang juga pengamat penerbangan, Alvin Lie, mengatakan bahwa penamaan NYIA tidak sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara. Salah satu poinnya, terdapat pada nama bandara yang menggunakan bahasa Inggris, bukan bahasa Indonesia.

Peresmian BIY sendiri akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. Setelah mengalami kemunduran sebanyak dua kali, dikabarkan peresmian ini akan diadakan ketika Ramadan pada Mei mendatang.

Dikutip dari jogja.tribunnews.com, peresmian bandara yang dijadwalkan ulang akan dilakukan pada Senin (29/4) dibatalkan karena masih terdapat beberapa prosedur yang harus diselesaikan. Paling cepat, bandara ini akan beroperasi mulai 10 Mei 2019.

Akhir pekan lalu, beberapa maskapai penerbangan sudah melakukan pertemuan terkait dengan evaluasi Hazard Identity Risk Assassment (HIRA). Pertemuan tersebut diikuti oleh maskapai seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Nam Air, Sriwijaya Air, Batik Air, Silk Air, dan Air Asia.

Bandara ini sendiri dibangun dan menjadi bandara kedua yang ada di Yogyakarta. Proyek ini sendiri berjalan sangat cepat. Sebab, pembangunannya baru terealisasikan pada Oktober 2018 dan kini sudah hendak diresmikan.

Pembangunan bandara internasional ini sendiri diwarnai berbagai pro dan kontra, terutama dari para aktivis lingkungan. Namun, walaupun demikian, legalitas dan seluruh prosedurnya sudah dikantongi saat bandara ini berdiri.

Jika sudah diresmikan, kapan nih kamu mau coba ke bandara yang satu ini?

kue kering Lebaran

Beragam Kue Kering Lebaran, Mana Kesukaanmu?

film tentang hilang ingatan

Hilang Ingatan, Gimana Nasib Tokoh Utama dalam Film-film ini?