in

Negara Pertama yang akan Menggunakan Bitcoin

bitcoin
foto: Pixabay

Ngobrolin.id — Saat ini aset kripto jenis bitcoin sedang menjadi buah bibir yang sering dibahas oleh masyarakat dunia. Pasalnya, aset ini sempat membuat pemiliknya mendadak kaya, tetapi sehabis itu membuat pemilikya mendadak pusing karena mengalami penurunan nilai yang cukup drastis. Di balik berita-berita kontroversial mengenai bitcoin, ternyata ada satu negara yang akan menggunakan aset kripto ini, yaitu El Salvador.

Dilansir dari kompas.com, Presiden El Savador Nayib Bukee mengatakan bahwa pemerintah akan mengirim rancangan undang-undang (RUU) ke kongres untuk menjadikan transaksi bitcoin di negara tersebut legal.

Presiden El Salvador juga menjelaskan pemerintah akan bekerja sama dengan perusahaan keuangan digital bernama Strike untuk menyiapkan infrastruktur dan logistik untuk aturan tersebut.

Di El Savador, sebagian besar atau hampir 70 persen masyarakat di negara tersebut tidak memiliki akun bank. Masyarakat yang tidak memiliki akun bank, otomatis tidak terdaftar di dalam sistem keuangan.

Penggunaan bitcoin sebagai salah satu alat transaksi diharapkan mampu membantu masyarakat saat bertransaksi. Bitcoin tidak didasarkan pada aset dan belum mendapatkan dukungan secara penuh dari pemerintah di seluruh dunia. Oleh karena itu, El Savador membentuk tim untuk mengembangkan ekosistem keuangan baru dengan bitcoin sebagai dasarnya.

Kemungkinan besar kebijakan yang nantinya akan diajukan di dalam kongres akan disetujui. Hal ini mengingat besarnya jumlah angggota legislatif yang mendukung Presiden El Salvador.

Sebenarnya, El Savador sempat mencoba untuk melegalkan bitcoin pada Maret lalu ketika Strike meluncurkan aplikasi pembayaran seluler di sana. Peluncuran tersebut disambut baik sehingga banyak masyarakat yang mengunduhnya.

Saat ini El Salvador masih menggunakan dolar AS sebagai mata uang pembayaran yang sah di negara tersebut, mengingat El Salvador sendiri berada di Amerika Tengah.

Informasi tambahan, saat ini bank sentral yang berada di berbagai negara tengah mempersiapkan mata uang digital atau Central Bank Digital Currenccy untuk merespons pesatnya pertumbuhan kapitalisasi pasar aset kripto, terutama ketika pandemi melanda.

 

 

 

 

saus cajun

Saus Cajun yang Diincar di BTS Meals McD, Ini Resepnya!

bahan-bahan di dapur

Wajib Tahu Bahan-bahan di Dapur untuk Membersihkan Rumah