in

Niat Hingga Darurat, Ini Masker Antidebu yang Bisa Dicoba

jenis masker antidebu
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Bagi pengendara sepeda motor, masker antidebu sudah jadi barang wajib yang digunakan. Mulai dari menghindari terik sinar matahari, hingga debu-debu polusi yang semakin hari semakin pekat. Yuk, simak apa saja jenis masker antidebu yang biasa digunakan untuk menghindari debu jalanan ini.

Masker medis

Sering digunakan dokter dan perawat untuk kebutuhan medis, masker yang satu ini tak kalah populer digunakan para pengguna kendaraan bermotor, lho. Masker ini didesain untuk menyaring partikel dan mikroorganisme yang sangat kecil.

Masker ini terdiri atas dua lapisan. Bagian dalamnya berwarna putih dan luarnya berwarna hijau. Jangan salah menggunakan, ya. Gunakan bagian dalam tetap di bagian dalam dan begitu pula sebaliknya. Selain itu, masker ini juga hanya bisa digunakan sebanyak satu kali pemakaian. Lekas ganti ya, jika kamu ingin memakainya lagi.

Masker kertas

Masker jenis ini dikenal juga sebagai jenis masker N95. Artinya, masker ini bisa menyaring hingga 95 persen partikel yang ada di udara. Berbeda dengan masker medis, bahan pembuatan masker kertas lebih solid dan tidak mudah rusak.

Agar efektif, perhatikan kembali cara penggunaan masker ini saat berada di jalanan. Pastikan tidak ada celah bagi debu dan polusi untuk masuk ke pernapasan.

Masker khusus motor

Jenis masker yang satu ini biasa dimiliki pengendara roda dua. Bentuknya pun beragam, sebagian besar bisa menutupi mulut, hidung, hingga sebagian wajah kecuali bagian kepala. Masker ini bisa menyaring berbagai partikel yang ada di udara. Misalnya, gas beracun yang ada di udara seperti karbon monoksida, timbal, hingga hidrokarbon.

Kain

Jangan khawatir jika tak punya masker namun butuh dalam keadaan mendesak. Kamu bisa gunakan kain untuk menyaring udara yang masuk ke hidungmu. Caranya, pilih kain yang agak panjang sehingga bisa diikatkan ke bagian belakang kepala. Sangat penting untuk memilih kain yang bersih. Sebab, kain yang kotor justru akan memperburuk udara yang kamu hirup.

Masker plastik

Masker jenis ini sebenarnya bukan ditujukan untuk menyaring udara dari debu dan polusi. Seperti namanya, masker plastik terbuat dari plastik dan memiliki penampakan yang transparan. Masker jenis ini biasa digunakan di usaha hotel, bakery, hingga rumah sakit dan salon kecantikan.

cara memilih masker antidebu

Tips Memilih Masker Debu, Jangan Salah Pilih!

kuliner khas Aceh

Kuliner Khas Aceh yang Kaya Rempah!