in

Nikah Muda Tidak Salah, Tapi Kamu Harus Perhatikan Ini Dulu

nikah muda
foto: Pixabay

Ngobrolin.id— Masyarakat Indonesia sudah terbiasa mendengar kata nikah muda, yaitu pernikahan yang dilakukan pada usia muda. Meskipun sebenarnya kategori muda di sini cukup abstrak dan bersifat subjektif, sih. Menurut Undang-Undang No.16 Tahun 2019, usia minimal laki-laki dan perempuan yang akan menikah adalah 19 tahun.

Pada dasarnya tidak mengapa kamu memutuskan untuk nikah muda, apalagi jika sudah menemui pasangan yang mau menghabiskan waktu dan berjuang bersama. Namun, sebelum akhirnya mantap mengambil pilihan nikah muda, sebaiknya pikirkan beberapa hal di bawah ini terlebih dahulu.

Ilmu tentang pernikahan

Kamu perlu tahu tugas suami dan istri. Hal ini karena kehidupan setelah menikah akan berubah cukup signifikan. Kamu juga perlu mengenal cara membangun rumah tangga yang baik, memahami pasangan, dan lain-lain. Ilmu tersebut bisa menjadi pedoman buat kamu untuk membangun bahtera rumah tangga dalam usia yang masih muda.

Tujuan nikah muda

Sekali lagi pernikahan bukan hal main-main yang bisa kamu putuskan dalam waktu semalam. Kamu perlu memikirkan tujuan dari pernikahan yang akan dilakukan pada usia muda, apakah tujuan tersebut cukup logis atau diambil hanya saat kamu sedang berbunga-bunga dengan pasangan.

Kamu juga perlu tahu alasan pasanganmu mengajak nikah muda. Kalian harus memiliki tujuan yang sama agar memiliki arah yang sama.

Kesiapan mental

Kamu juga perlu mempertimbangkan kesiapan mental sebelum menikah di usia muda. Remaja yang berumur di bawah 20 tahun cenderung masih memiliki kondisi emosional yang belum stabil. Dengan begitu, pola pikir dan cara penyelesaian masalah yang akan diambil berbeda dengan orang yang sudah lebih dewasa.

Selain itu, kamu bakalan melewati masa pergaulan yang bisa dilakukan untuk orang seusia kamu yang masih single. Jadi, kamu perlu mempertimbangkannya secara matang apakah sudah siap kehilangan masa-masa itu.

Pertimbangkan kondisi finansial

Finansial menjadi salah satu faktor yang perlu kamu pertimbangkan berkali-kali. Kamu dan pasangan perlu modal untuk berkeluarga, bahkan tak jarang banyak pasangan yang nikah muda diuji dengan kondisi finansial. Meskipun pada dasarnya finansial tidak melulu mampu membahagiakan pasangan, setidaknya kondisi finansial yang baik dapat memberikan kehidupan yang layak bagi keluarga.

terowongan silaturahmi

Terowongan Silaturahmi antara Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral

cruelty free

Brand Kecantikan Lokal yang Sudah Cruelty Free