in

NonaRia, Band Beranggotakan Perempuan-Perempuan Ceria

Nonaria
Foto: Instagram NonaRia

Ngobrolin.id  — Musik jazz memang tidak pernah kehilangan peminatnya. Tak melulu diisi musisi pria, kini perempuan Indonesia juga banyak menekuni salah satu genre musik ini. Mengusung bentuk grup band, hadirlah NonaRia, band beranggotakan perempuan-perempuan ceria, yang memeriahkan blantika musik sejak 2012 dan masih eksis hingga sekarang. Mereka siapa, sih?

NonaRia beranggotakan tiga orang. Neisa Ardi (snare dan vokal), Nanin Wardhani (akordeon dan piano), dan Yashinta Pattianisa (biola). Sering dikira berkerabat karena memiliki wajah yang mirip satu sama lain, sebenarnya mereka hanya sahabat yang kebetulan punya hobi yang sama, yaitu bermusik.

Nama NonaRia sendiri berasal dari kata “nona-nona ceria”. Berawal dari Komunitas Jazz Kebayoran, grup ini sempat vakum setelah kehilangan satu anggotanya yang lebih dulu keluar, Rieke Astari, sebelum digantikan oleh Yashinta.

Rieke keluar pada 2014 di tengah kepopuleran NonaRia yang mulai dikenal. Setelah menikah, ia harus mengikuti sang suami yang bekerja di Papua.

Bergabungnya Yashinta sebagai personel baru pada 2016 memberikan napas baru bagi NonaRia. Pada 2018, mereka merilis album bertajuk Eponim.

Irama nada “jadul” dan konsep musik tempo dulu menjadi ciri khas band ini. Inspirasi ini datang dari kekaguman mereka pada nuansa musik Indonesia era 1940—1950. Oleh karena itu, mereka mengusung tema vintage dan retro yang tak lekang oleh waktu. Suara gemerisik ala gramofon pun ditambahkan agar lagu terdengar lebih jadul lagi.

Tak hanya musik, konsep gaya berpakaian yang dikenakan pun juga bertema “zaman dulu”. Blus dengan motif bunga-bunga yang besar dan warna menyala sudah menjadi ciri khas NonaRia. Busana tersebut sangat serasi jika dipadukan dengan alat musik yang mereka bawakan. Dan, mereka membuat kostumnya sendiri, lho!

Lirik dalam lagu-lagu NonaRia sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Unik dan jarang ditemui di dunia musik Indonesia masa kini. Coba saja dengarkan lagu mereka yang berjudul Ngantri Yuk. Kamu akan diajak untuk tertib mengantri dengan nada musik ragtime retro yang ceria.

Lagu-lagu lain juga tak kalah menarik. Senandung, Santai, Sayur Labu, dan Maling Jemuran adalah beberapa judul lagu dalam album yang mereka rilis tahun lalu tersebut. Mereka berharap pendengar tidak bosan dengan tema lagu yang melulu soal cinta.

Dirilisnya lagu Ngantri Yuk bahkan berasil menggondol penghargaan Anugerah Musik Indonesia sebagai Artis Vokal Jazz Terbaik pada 2018.

Kawan Ceria, sebutan untuk fans NonaRia, tak sabar menanti kehadiran album baru lagi. Kita doakan saja semoga, ya, tiga nona yang selalu ceria ini semakin sukses di ranah hiburan tanah air.

garis zebra hitam putih

Ini Kata Peneliti Soal Fungsi Garis Hitam Putih di Tubuh Zebra

Ben Affleck

Ini Alasan Ben Affleck Berhenti Sebagai Batman