in

Normal, Ini Penyebab Kamu Sering Merasa Demotivasi

Yuk, temukan kembali semangatmu

demotivasi kerja
Foto: freepik

Ngobrolin.id — Tidak setiap hari motivasi terus naik dan meningkatkan produktivitas karyawan. Terkadang, demotivasi justru melunturkan semangat yang sudah dibangun sejak dini. Jika kamu pernah mengalaminya, kamu tidak sendiri. Setidaknya, ada beberapa penyebab seseorang bisa mengalami demotivasi kerja. Pelajari penyebab tersebut dan cari celah agar terus semangat.

Malas dan jenuh

Walaupun dua hal yang berbeda, malas dan jenuh sama-sama bisa mengakibatkan seorang karyawan mengalami demotivasi kerja. Kamu pasti pernah mengalaminya, bukan?! Kedua alasan personal ini bisa ditengarai karena masalah personal ataupun dukungan lingkungan.

Rasa malas dan jenuh bisa tercipta dari diri sendiri. Namun tak dipungkiri, hal ini juga bisa ditularkan antarpekerja di dalam satu lingkungan yang sama. Yuk, mulai hindari dengan tetap fokus pada tujuan.

Beban kerja

Beban kerja yang berlebihan juga bisa menyebabkan karyawan mengalami demotivasi. Terlebih, ketika beban kerja sudah melebihi kapasitas yang bisa diampu oleh karyawan. Satu sisi ingin melaksanakan dengan maksimal. Namun, sisi lainnya beban yang diberikan tidak realistis. Lantas, harus bagaimana?

Cobalah untuk melihat kembali kontrak kerja di perjanjian awal ketika kamu memasuki perusahaanmu. Ingatkan kembali atasanmu ketika sudah memberikan beban kerja di luar batas kewajaran. Terlebih, jika beban kerja tersebut hanya diampukan kepada dirimu dan bukan karyawan lain. Ayo, speak up!

Timbal balik yang kurang memadai

Sudah lembur jungkir balik tapi gaji masih nggak bisa membaik? Wah, ada yang salah nih. Pertama, bisa jadi gaya hidupmu tidak sesuai dengan pendapatan yang kamu terima. Kondisi ini sering kali disebut sebagai ‘selera tidak sesuai dengan salary’.

Namun, jika kamu sudah evaluasi diri dan merasa bahwa kemampuanmu seharusnya bisa dihargai lebih, tidak ada salahnya untuk mengonsultasikan hal ini kepada HRD dan atasanmu. Sebab, jika kamu mulai merasa kekurangan secara finansial, kamu akan mengalami demotivasi yang biasanya diperparah dengan lebih nyaman mengerjakan sambilan ketimbang pekerjaan utama.

Konflik lingkungan kantor

Tidak ada konflik di lingkungan kantor seperti air yang mengalir ke atas, alias tidak mungkin! Konflik bisa terjadi di ranah atasan (yang kamu tidak terlibat), dengan atasanmu langsung, atau bahkan sesama karyawan. Hindari bullying di kantor untuk mengurangi demotivasi kerja yang kamu rasakan. Yuk, mulai berdamai

serial Disney Channel

4 Serial Disney Paling Populer pada Masanya

mengetahui suhu dan cuaca

5 Aplikasi Canggih untuk Mengetahui Suhu dan Cuaca