in ,

Norovirus, Penyakit Baru yang Dikhawatirkan Warganet

kenali lebih dalam biar gak panik

norovirus
foto: pixabay

Ngobrolin.id — Belum lama ini norovirus trending di Twitter karena banyak warganet yang membicarakan wabah penyakit ini. Diketahui dari beberapa media lokal, wabah norovirus sedang merebak di Universitas Keuangan dan Ekonomi di Taiyuan, ibu kota Provinsi Shanzi, Cina. Dikabarkan ada 11 mahasiswa yang positif terjangkit norovirus.

Dilansir dari kompas.com, Departemen Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Taiyuan mengambil sampel sebanyak 28 kasus mahasiswa untuk dites norovirus.

Hingga saat ini ada 22 pasien yang sedang mengalami diare dan muntah-muntah. Salah satu penyebabnya diduga karena terjangkit norovirus. Seluruh pasien tersebut masih dirawat intensif di rumah sakit.

Sebenarnya, virus ini bukanlah hal baru, virus ini awalnya bernama Norwalk dan pertama kali muncul pada 1972. Norovirus dianggap penyebab utama dari gastroenteritis akut di seluruh dunia.

Virus ini sangat mudah menyebar melalui makanan dan minuman. Seseorang yang sudah terinfeksi akan mengalami gangguan kesehatan. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di AS, norovirus dapat menyebabkan 19 juta hingga 21 juta kasus di AS setiap tahunnya.

Infeksi virus ini biasanya terjadi ketika musim dingin. Oleh karena itu, banyak juga yang menyebutnya sebagai infeksi muntah musim dingin.

Seseorang yang terinfeksi virus ini akan bergejala seperti mual, muntah, diare berair, dan kram perut. Gejala lain yang sering dirasakan oleh pasien adalah demam ringan, panas dingin, sakit kepala, nyeri otot, dan mudah lelah.

Gejala yang ditimbulkan memang bukan merupakan hal serius. Namun, jika diare dan muntah dibiarkan begitu saja tanpa adanya penanganan, pasien bisa mengalami kekurangan cairan tubuh dan dehidrasi.

Anak-anak dan orang-orang tua sangat rentan mengalami dehidrasi dan malnutrisi karena nutrisi yang dikonsumsi tidak sebaik orang dewasa.

Virus bisa ditularkan selama 8 minggu sehingga para pasien baru bisa kembali beraktivitas setelah terbebas dari gejala. Untuk pekerja biasa, jika sudah terbebas dari gejala selama 48 jam, mereka sudah bisa beraktivitas seperti biasa. Sementara, untuk pekerja yang berkaitan dengan bidang makanan harus menunggu selama 72 jam terlebih dahulu baru bisa bekerja.

Seseorang yang sudah mengalami beberapa gejala dari norovirus selama 3 hari harus segera menghubungi dokter untuk mendapatkan pertolongan medis.

bioskop di jakarta

Bioskop di Jakarta Sudah Siap Dibuka Kembali

film hunger games

Prekuel Hunger Games Sedang Digarap!