in

Nostalgia Bersama Lomba 17 Agustusan yang Legendaris

Lomba-lomba ini selalu dinanti peserta dan penonton saking serunya

lomba 17 agustusan
Foto: instagram nugraazkiya_

Ngobrolin.id — Memasuki bulan Agustus, pasti sudah tidak sabar dong dengan momen Hari Kemerdekaan RI? Apa lagi yang dinanti kalau bukan aneka lomba 17 agustusan yang diselenggarakan di mana-mana. Bahkan, beberapa jenis lomba berikut sudah ada sejak dahulu dan selalu dinanti setiap momen ini tiba.

Panjat pinang

lomba 17 agustusan
Foto: instagram nugraazkiya_

Lomba panjat pinang sepertinya menjadi lomba dengan kasta tertinggi di perayaan 17 agustusan. Setiap tahunnya, lomba panjat pinang tak pernah sepi peserta ataupun penonton. Lomba ini sendiri dilakukan dengan memanjat tiang yang dilumuri oli hingga licin dan sulit dipanjat. Namun jika berhasil, ada banyak hadiah menanti di atas tiang.

Selain mengajarkan bekerja keras melawan tantangan, panjat pinang juga mengajarkan tentang kerja sama. Lomba panjat pinang merupakan lomba antartim yang dilakukan 5—7 orang yang saling menopang agar ada satu orang yang bisa mengambil hadiah-hadiah tersebut. Di tempatmu, apa hadiah terbaik yang diperebutkan?

Balap karung

lomba 17 agustusan
Foto: instagram sobondeso

Jika panjat pinang didominasi oleh orang dewasa, perlombaan balap karung bisa dilakukan siapa saja. Mulai dari anak-anak hingga ibu-ibu dan bapak-bapak. Cara mainnya pun sederhana. Peserta hanya perlu berlari atau melompat dalam karung yang disediakan hingga mencapai garis finis lebih awal.

Balap kelereng

lomba 17 agustusan
Foto: instagram minu_rodlotut_tholibin

Tak hanya balap karung yang menjadi ajang mengadu kecepatan dengan cara unik. Lomba balap kelereng merupakan salah satu lomba legendaris saat momen 17 agustusan dilakukan. Memadukan keseimbangan dan kecepatan, peserta akan diminta membawa kelereng dalam sendok yang digigit dari ujung satu ke ujung lainnya. Kelereng yang jatuh akan dinyatakan gagal!

Makan kerupuk

lomba 17 agustusan
Foto: instagram liodiegosabrina

Tak lengkap mengadakan lomba 17 agustusan tanpa lomba makan kerupuk. Kerupuk mawar yang digantung harus dilahap oleh para peserta. Keseruan pun terjadi karena peserta dilarang menggunakan tangan untuk memakan kerupuk ini.

Tarik tambang

lomba 17 agustusan
Foto: instagram adhisatria

Lomba yang satu ini tidak boleh tertinggal dari momen seru 17 agustusan. Tarik tambang biasa dimainkan dengan mengadu dua tim yang berbeda. Seperti namanya, kedua tim akan menarik tali tambang untuk saling menjatuhkan lawan. Lawan yang terjatuh dan keluar dari garis akan dinyatakan kalah.

rahasia panjang umur warga Jepang

3 Rahasia Panjang Umur Warga Jepang

lomba 17 agustusan

Inspirasi Lomba 17 Agustusan yang Baru dan Seru