in

Novel Indonesia tentang Kopi, Sudah Baca?

novel Indonesia tentang kopi
Foto: unsplash

Ngobrolin.id — Nggak cuma diseduh dan dijadikan sajian, kopi ternyata juga cukup menarik sebagai bacaan. Nggak heran, ada banyak novel Indonesia tentang kopi yang bagus banget dibaca sama kamu yang suka dengan dunia kopi.

Beberapa judul novel ini terinspirasi dari aroma dan cita rasa kopi yang khas. Mulai dari kisah cinta sampai keluarga bisa kamu temui di dalamnya.

Filosofi Kopi

Sebenarnya, novel karangan Dee Lestari ini lebih merupakan kumpulan cerita dan prosa. Namun salah satu cerita yang paling berkesan adalah tentang Ben dan Jody, dua orang sahabat yang tengah dilema mempertahankan kedai kopi mereka. Ben yang sangat terobsesi pada kopi dan sahabatnya, Rio, pemilik kedai kopi terancam harus menutup kedai karena tak juga membuahkan hasil.

Tak hanya kisah persahabatan mereka, ada juga 17 cerita lain yang bisa kamu nikmati seperti Mencari Herman, Lilin Merah, dan Surat yang Tak Pernah Sampai. Cerita-cerita yang ada dalam buku ini merupakan kumpulan karya Dee yang dibuat sejak 1995 dan diterbitkan 2006.

Aku Kopi dan Kamera

Novel ini merupakan karya Ainun Nufus. Bercerita tentang Latte, Reon, dan Genta, cerita ini bermula dari pasangan kekasih Reon dan Latte yang memilih berpisah. Menurut Reon, Latte terlalu ada dalam hidupnya. Latte yang patah hati kemudian bertemu Genta, seorang yang juga sama-sama sering berkunjung ke kafe yang ia datangi.

Nona Teh dan Tuan Kopi

Novel ini merupakan dwilogi yang menceritakan tentang Regen dan Varsha. Hubungan karier antara Tuan Kopi dan Nona Teh tersebut memang tidak mudah untuk dipahami. Varsha yang masih single di usia kepala tiga membuatnya tertekan dengan tuntutan pernikahan. Sementara, Regen yang menyimpan masa lalu kelam, tiba-tiba menghilang.

Kisah rumit tersebut akan membawa pembaca masuk ke dalam kehidupan Varsha dan Regen yang berliku. Sudut pandang yang digunakan pun tak hanya satu, turut membuat pembaca semakin larut.

Cinta dalam Gelas

Diracik oleh penulis kenamaan, Andrea Hirata, Cinta dalam Gelas berhasil membuat pembacanya terkesima. Cerita dalam novel ini berkisah soal Maryamah, yang biasa dipanggil Enong. Enong memiliki seorang mantan suami bernama Matarom yang sangat mahir bermain catur.

Enong sendiri tak bisa bermain catur. Hingga akhirnya, dengan seluruh perjuangan yang dilakukan Enong, ia berhasil menaklukan lawan pertandingan caturnya.

Kopi sendiri merupakan bagian yang tak bisa dipisahkan dari buku ini. Cerita ini juga ditulis dari sudut pandang Ikal, seorang karyawan kedai kopi. Juga tentang judulnya, Cinta dalam Gelas. Yakni cinta orangtua Enong yang bernama Syalimah dan Zamzani. Syalimah sangat gemar membuatkan kopi suaminya, sebelum akhirnya ia meninggal dunia.

asal-usul pizza

Oh, Ternyata Begini Asal-Usul Pizza

Figura Renata

Kenalan Yuk Sama Duo Figura Renata