in

Obati Batuk Pilek dengan Cara Ini

cara mengobati batuk pilek
Foto: pixabay

Ngobrolin.id — Penyakit batuk pilek biasa disebut juga sebagai common cold. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyerang tubuh manusia. Gejala yang ditimbulkan seperti batuk, pilek, nyeri, dan demam memang mengganggu aktivitas. Yuk, cari tahu cara mengobati batuk pilek ini.

Balsem

Aroma segar dari balsem bisa bikin gejala batuk pilek jadi lebih reda, lho. Bayi dan balita juga akan lebih efektif jika diberi olesan balsem pada punggung atau dada. Walaupun aromanya menenangkan, usahakan hindari lubang hidung. Hal ini karena balsem bisa menyebabkan rasa pedih dan mengganggu jalur pernapasan.

Permen menthol

Selain balsem, aroma segar juga bisa kamu dapatkan dari konsumsi permen menthol. Permen ini bisa membantu mengurangi gejala hidung tersumbat dan nyeri tenggorokan. Permen menthol pun bisa sangat mudah ditemukan di warung atau minimarket terdekat. Selain itu, cara konsumsinya pun sangat mudah.

Air garam

Kamu juga bisa berkumur air garam untuk mengurangi gejala hidung tersumbat dan nyeri pada tenggorokan, lho. Ingat, ya. Air garam ini untuk dikumur, bukan diminum.

Suplemen zink dan vitamin C

Suplemen vitamin dan mineral juga dibutuhkan untuk menurunkan gejala batuk pilek yang diderita. Salah satunya adalah suplemen yang mengandung zink dan vitamin C.

Obat bebas

Jika gejala tidak juga berkurang, ada banyak jenis dan merek obat yang tersedia secara bebas di apotek. Gejala hidung tersumbat dapat diatasi dengan mengonsumsi obat yang mengandung dekongestan. Sementara, gejala demam dan nyeri bisa diatasi dengan parasetamol.

Eits, tapi jangan mengonsumsi obat bebas secara sembarangan, ya. Walaupun dijual secara bebas, kamu tetap harus mematuhi aturan pakainya. Demikian pula bila sakit batuk pilek yang diderita tidak kunjung reda, segera konsultasikan dan berobat dengan dokter.

Mandi air hangat dan tidur dengan ganjal kepala

Mandi dengan air hangat bisa membantu melegakan pernapasan. Selain itu, tidur dengan posisi bantal kepala yang lebih tinggi juga bisa membantu pernapasan menjadi lebih baik. Cara ini terutama direkomendasikan untuk anak yang usianya masih di bawah satu tahun.

sejarah puisi di Indonesia

Perkembangan Puisi yang Tak Lekang oleh Waktu

resep teh talua

Yuk, Bikin Sendiri Teh Talua, Minuman Khas Sumatera Barat